detikNews
2019/09/27 10:37:38 WIB

Panglima TNI soal Kogabwilhan: Siaga Tangani Ancaman Nasional

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Halaman 1 dari 2
Panglima TNI soal Kogabwilhan: Siaga Tangani Ancaman Nasional Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan tiga Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan tujuan pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) di Indonesia. Pembentukan Kogabwilhan bertujuan untuk mengantisipasi ancaman yang mengganggu negara.

"Pertama, kita ketahui bersama bahwa perkembangan lingkungan strategis saat ini semakin kompleks dan eskalatif di berbagai belahan dunia serta menghadirkan berbagai bentuk ancaman terhadap kepentingan nasional, baik ancaman militer, maupun ancaman nonmiliter. Kehadiran ancaman tersebut perlu diantisipasi dan dicermati dalam menyusun pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI di masa mendatang sehingga dapat bersifat adaptif," kata Hadi dalam amanatnya saat peresmian Kogabwilhan, di Skuadron 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (27/9/2019).



Hadi mengatakan pembentukan Kogabwilhan ini juga untuk mencapai kesiapsiagaan penangan krisis nasional. Menurutnya, Kogabwilhan ini sudah sesuai aspek geografis Indonesia.

"Kedua, dalam rangka mengantisipasi terjadinya ancaman yang dapat mengganggu kepentingan nasional, maka pembentukan Kogabwilhan secara prinsip diarahkan untuk mencapai kesiapsiagaan dalam penanganan krisis di wilayah Indonesia dengan membagi teritorial Indonesia ke dalam 3 Kogabwilhan TNI," jelas Hadi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com