Rara Sekar Bikin Petisi #BebaskanAnandaBadudu

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 27 Sep 2019 09:45 WIB
Foto: Ananda Badudu (Instagram)
Jakarta - Musikus Ananda Badudu ditangkap polisi karena mengaku mentransfer dana untuk aksi mahasiswa. Eks rekan Ananda Badudu di Banda Neira, Rara Sekar Larasati, membuat petisi #BebaskanAnandaBadudu.

"Nama saya Rara Sekar. Mungkin teman-teman pernah mendengar suara saya sebelumnya, dalam lagu ataupun sebuah pertunjukan. Namun kali ini saya ingin teman-teman mendengarkan suara saya yang lain, yang saya rasa lebih penting dari apapun untuk saat ini. Saya mohon sekali perhatian teman-teman sebab pagi ini saya dibangunkan berita yang mengagetkan," kata Rara Sekar dalam keterangan di situs change.org, Jumat (27/9/2019).

"Teman dekat saya, Ananda Badudu, pagi ini ditangkap oleh pihak kepolisian. Salah satu alasannya karena membantu mengumpulkan dan menyalurkan dana dari masyarakat untuk mendukung aksi demonstrasi mahasiswa dan kelompok masyarakat sipil pada 23-24 September 2019 lalu," imbuh Rara Sekar.


Rara Sekar menjelaskan kronologi singkat penangkapan Ananda Badudu sekitar pukul 04.28 WIB. Momen penangkapan tersebut juga diunggah oleh Ananda Badudu sendiri di Instagramnya.

"Mendengar kabar ini, saya tidak habis pikir," sebut Rara Sekar.

Dia mengatakan Ananda Badudu hanyalah seorang warga biasa yang tergerak atas kesedihan dan keputusasaannya melihat apa yang disebutnya ketidakadilan di Indonesia. Ananda Badudu, kata Rara, hanya menjalankan tugas sebagai warga negara yang peduli dengan negara dengan melakukan penggalangan dana lewat situs kitabisa.

"Sementara yang lain sibuk menuduh dan menyebarkan hoax, Ananda justru sibuk menyalurkan dana dari kita untuk tujuan kemanusiaan: memastikan bahwa ada akses ke ambulans di lokasi di mana banyak korban berjatuhan, serta air dan oksigen untuk siapapun yang sedang berada di lapangan pada saat itu," jelas Rara Sekar.

"Ananda juga mengunggah laporan penggunaan dana ini di media sosialnya demi memastiakan transparansi pada publik yang telah mendonasikan uangnya -- sesuatu yang justru patut dicontoh oleh pemerintah kita," imbuh dia.


Karenanya Rara Sekar Larasati meminta masyarakat ikut menandatangani petisi #BebaskanAnandaBadudu. Berjuang banyak cara, menurut Rara.

"Jika merasa kesal, kecewa kekecewaan yang sama dengan Ananda, saya, dan ribuan masyarakat Indonesia lainnya, dukung, tanda tangani, dan sebarkan petisi ini. Sampaikan aspirasimu dan beritakan bahwa kita mendesak polisi untuk #BebaskanAnandaBadudu segera dan tanpa syarat. Pilih perjuanganmu dan bila tidak bisa turun ke jalan atau terlibat dalam aksi, perjuangkan dengan caramu sendiri," sebut Rara.

Petisi tersebut dimulai sekitar sejam yang lalu. Hingga pukul 09.39 WIB, petisi telah ditandatangani oleh 22.960 orang.


Simak Video "#BebaskanDandhy dan #BebaskanAnandaBadudu Jadi Trending Topic"

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/knv)