detikNews
2019/09/26 19:05:01 WIB

Laporan dari New York

Menlu Retno Tawarkan 4 Poin Penting Repatriasi Rohingya ke Negara-negara OKI

Indah Mutiara Kami - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menlu Retno Tawarkan 4 Poin Penting Repatriasi Rohingya ke Negara-negara OKI Menlu Retno Marsudi saat bicara dalam 'OIC Contact Group on Rohingnya Muslim Minority in Myanmar' di sela-sela Sidang Majelis Umum ke-74 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). (Foto: Indah Mutiara Kami/detikcom)
New York - Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, paham betul bagaimana penderitaan pengungsi Rohingya dan terus mendorong repatriasi yang sukarela, aman, dan bermartabat. Oleh sebab itu, Menlu Retno menawarkan usulan soal langkah repatriasi.

Hal itu disampaikan Menlu Retno saat bicara dalam 'OIC Contact Group on Rohingnya Muslim Minority in Myanmar' di sela-sela Sidang Majelis Umum ke-74 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Agenda tersebut dihadiri negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

"Saya adalah menlu yang sudah dua kali ke sana. Saya tahu persis penderitaan yang dialami pengungsi yang ada di sana. Kita yang duduk di ruangan ini tidak ingin lihat penderitaan yang lebih buruk lagi dari masyarakat di Cox's Bazar," ucap Retno di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Rabu (25/9/2019).



Dia lalu menawarkan empat poin penting yang perlu ada dalam repatriasi pengungsi Rohingnya. Empat poin itu adalah jaminan keamanan dan kebebasan untuk kembali, dialog dengan pengungsi untuk membangun kepercayaan, penyediaan kebutuhan dasar, serta mempromosikan dialog antarkeyakinan.

"Pada saat saya bicara ini sangat diamini oleh sekjen OKI, tadi dia langsung merespons dan apa yang dilakukan oleh Indonesia sangat diapresiasi," katanya usai acara tersebut.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com