Jokowi Pertimbangkan Perppu KPK, Ini Cerita Mahfud Md Diskusi di Istana

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 26 Sep 2019 16:49 WIB
Mahfud Md (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud Md, bersama sejumlah tokoh bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas sejumlah isu, termasuk kontroversi UU KPK yang baru. Mahfud dkk mengusulkan tiga opsi ke Jokowi terkait polemik itu.

"Kemudian khusus untuk KPK, tadi mendiskusikan beberapa opsi UU itu rancangan UU KPK sudah disahkan melalui prosedur konstitusional yang sah tetapi masih bermasalah ternyata tidak cocok atau tidak berkesesuaian dengan kehendak masyarakat pada umumnya yang diekspresikan oleh kampus-kampus, ribuan dosen, ratusan guru besar, kemudian puluhan ribu mahasiswa gerakan civil society dan sebagainya menyatakan bahwa itu belum bisa untuk diterapkan di tengah-tengah masyarakat," kata Mahfud di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2019).


Mahfud mengatakan polemik mengenai UU KPK yang baru itu bisa diselesaikan lewat jalur legislative review. Selain itu, pihak yang tak setuju UU KPK baru bisa mengajukan gugatan ke MK.

"Opsi yang pertama adalah legislative review... legislative review itu artinya ya nanti disahkan kemudian dibahas pada berikutnya biasa terjadi revisi UU yang sudah disahkan lalu yang kedua judicial review, sudahlah MK opsi yang kedua," tutur dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2