detikNews
Kamis 26 September 2019, 14:42 WIB

Prabowo Singgung Angka Stunting Indonesia Tinggi: What is Wrong?

Zunita Putri - detikNews
Prabowo Singgung Angka Stunting Indonesia Tinggi: What is Wrong? Foto: Ketua Umun Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menyampaikan simposium di kediamannya (Zunita-detik)
Bogor - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut hingga saat ini banyak anak-anak Indonesia yang terkena stunting atau kurang gizi. Prabowo menyebut pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepakat dengan hal itu.

"Pemerintah sekarang saja, rival saya dalam kampanye, sekarang mengakui bahwa Indonesia saat ini mengalami stunting. Saya udah bicara mungkin 10 tahun lalu, stunting 1/3 anak-anak Indonesia tidak dapat gizi yang cukup. Berarti ibunya tidak dapat gizi, anaknya nggak dapat gizi, anaknya stunting. Otaknya tidak berkembang dengan baik, tulang tidak berkembang dengan baik dan ototnya juga tak berkembang dengan baik," kata Prabowo saat menyampaikan simposium di kediamannya, Hambalang, Desa Bojong Koneng, Bogor, Kamis (26/9/2019).

Dia menyebut stunting membuat anak-anak Indonesia tidak bisa bertumbuh dengan baik. Bahkan, untuk bersaing di dunia kerja juga bakal susah.

"Jadi dia tidak bisa bertahan dan bersaing dalam dunia modern. Jangan-jangan jadi kuli pelabuhan di Tanjung Priok pun akan kalah dengan kuli di Vietnam, atau kuli di Tiongkok artau kuli di Korea," katanya.

Dia mengatakan pemerintah harus segera melakukan sesuatu yang bisa mencegah itu. Prabowo mempertanyakan apa yang salah dengan kondisi tersebut.

"We must do something, what is wrong? masa kita terus kita tidak mengakui ada sistem yang salah? Saya tidak pernah menyalahkan siapa-siapa, saya sampaikan ini kesalahan kita semua, makanya kita berharap guru besar para intelektual, anda harus gunakan otakmu. Anda harus gunakan integritasmu untuk menyampaikan yang benar adalah benar, yang salah adalah salah," ucapnya.


Kontroversi SKM, Fadli Zon '37% Anak Indonesia Stunting'

[Gambas:Video 20detik]


(zap/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com