Paripurna Pengesahan RUU Perkoperasian Hanya Dihadiri 75 Anggota DPR

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 26 Sep 2019 12:26 WIB
Paripurna DPR (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - DPR menggelar rapat paripurna yang salah satu agendanya pembahasan pengesahan RUU Perkoperasian yang sempat diprotes massa petani saat demonstrasi Selasa (24/9). Ada 75 orang dari 560 anggota DPR yang hadir di rapat paripurna ini.

Rapat paripurna digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (26/9/2019). Bel rapat berdering pukul 12.01 WIB.



Rapat dipimpin Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga hadir.

Membuka rapat, Agus menyatakan ada 283 anggota Dewan yang tercatat menandatangani daftar hadir dari 560 anggota dewan. Artinya, 227 anggota Dewan tidak hadir tanpa keterangan.

"Sebanyak 283 menandatangani daftar hadir, dari 560 anggota dengan kehadiran seluruh fraksi. Dengan demikian kuorum telah tercapai," kata Agus.

"Dengan mengucapkan bismilah kami membuka persidangan dibuka dan terbuka untuk umum," lanjutnya.



Namun dalam hitungan manual, hanya 75 orang yang terlihat hadir di dalam ruang rapat. Jumlah tersebut berdasarkan hitungan hingga pukul 12.18 WIB.

Sebelumnya, berdasar surat undangan rapat yang dilihat detikcom, terdapat empat agenda yang akan dibahas dalam rapat paripurna ini. Agenda pertama adalah Laporan Komisi XI terhadap hasil pembahasan calon anggota BPK RI dan dilanjutkan pengambilan keputusan.

Agenda kedua ialah pembicaraan tingkat II RUU Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Agenda ketiga ialah pembicaraan tingkat II RUU Ekonomi Kreatif. Terakhir ialah pembicaraan tingkat II RUU tentang Perkoperasian.


Dede Yusuf Nilai Pemerintah Kurang Sosialisasi soal RUU KUHP:

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/haf)