Kronologi Demo di DPR hingga Akhirnya Berujung Rusuh Sampai Malam Ini

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 25 Sep 2019 22:50 WIB
Foto: Personel TNI Kodam Jaya berusaha meredam pelajar yang terlibat kericuhan dengan polisi saat melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Pejompongan, Jakarta, Rabu (25/9/2019). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz (Antara Foto)

15.35 WIB: Massa pelajar di DPR lempar petasan

Aksi massa di gerbang belakang gedung DPR masih ricuh. Massa melempar petasan ke arah gerbang.

Pantauan detikcom di gerbang belakang gedung DPR, Jakarta, massa yang melempari batu sempat mundur ke arah JPO Stasiun Palmerah karena pada pukul 15.35 WIB, Rabu (25/9/2019). Tak lama, mereka kembali lagi ke dekat gerbang.

Massa yang mengenakan seragam putih abu-abu dan pramuka itu kembali melempari batu ke arah gerbang DPR. Pada pukul 15.49 WIB, terlihat salah satu massa melemparkan petasan ke arah gedung DPR. Petasan itu terdengar berbunyi 3 kali.

Selang 3 menit, polisi menembakkan gas air mata ke arah massa dari dalam gedung. Ada lima tembakan gas air mata.


16.12 WIB: Massa pukuli pagar DPR

Massa berseragam putih abu-abu dan pramuka di belakang gedung DPR terus beraksi dengan melempar batu ke arah polisi. Mereka memukuli pagar DPR hingga membakar benda-benda.

Pantauan di Jalan Palmerah Timur, Jakarta, Rabu (25/9/2019), massa putih abu-abu melakukan aksi bakar-bakar sekitar pukul 16.12 WIB. Mereka juga memukuli pagar DPR dengan bambu yang dibawa.

Akibat aksi bakar-bakar itu, asap hitam membumbung. Massa menyebar di sekitar Jalan Palmerah Timur. Polisi pun menyiapkan kawat berduri yang dipasang membentang di pertigaan menuju Jalan Palmerah Timur.


Dua unit watercanon dan kendaraan taktis juga disiagakan. Dua unit water cannon dan kendaraan taktis juga disiagakan.

17.45 WIB: Massa mulai kondusif

Massa demonstrasi yang sempat terlibat kericuhan di sekitar Stasiun Palmerah, Jakarta, sempat kondusif. Jalan Palmerah Timur yang sempat tertutup massa aksi bisa dilewati kembali oleh warga.

Pantauan detikcom, kericuhan di Jalan Palmerah Timur, Jakarta, mulai mereda sekitar pukul 17.45 WIB, Rabu (25/9/2019). Massa yang sempat melempari aparat dengan batu mulai membubarkan diri ataupun duduk-duduk di trotoar sekitar Stasiun Palmerah.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4