Kronologi Demo di DPR hingga Akhirnya Berujung Rusuh Sampai Malam Ini

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 25 Sep 2019 22:50 WIB
Foto: Personel TNI Kodam Jaya berusaha meredam pelajar yang terlibat kericuhan dengan polisi saat melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Pejompongan, Jakarta, Rabu (25/9/2019). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz (Antara Foto)
Jakarta - Massa pelajar #STMMelawan melakukan aksi unjuk rasa di depan DPR hari ini. Massa yang terdiri dari para pelajar SMK/STM ini memprotes pengesahan R-KUHP. Makin sore, massa kian banyak dan terbuka peluang disusupi massa dari elemen lain. Kerusuhan pun berkecamuk.

Massa menuntut R-KUHP dibatalkan. Pasalnya, mereka menilai banyak pasal bermasalah dalam R-KUHP. Salah satunya, karena R-KHUP itu dinilai terlalu mengurusi wilayah privet warga negara.

"Keresahannya, katanya Indonesia negara merdeka kok segala sesuatunya diatur negara? Kan nggak mungkin ya kan," kata Said yang merupakan salah satu demonstran SMK dari Parung kepada detikcom.


Massa pelajar ini terdiri dari para pelajar yang memakai seragam putih abu-abu, pramuka dan baju bebas. Mereka kebanyakan berasal dari Depok dan Bogor. Akibat aksi ini, polisi menutup arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto mengarah ke Slipi.

"Ada rekayasa lalu lintasnya. Saat ini jalur sudah ada yang kita tutup," kata Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Made Agus kepada wartawan, Rabu (25/9/2019).

Pada Rabu (25/9/2019), detikcom merangkum kronologi aksi massa pelajar ini. Berikut rangkumannya:

12.30 WIB: Massa pelajar mulai berdatangan

Massa #STMMelawan tiba di depan gedung DPR sekitar pukul 12.30 WIB. Polisi kemudian mengumpulkan massa di jalan dekat Gedung Manggala Wanabhakti arah DPR. Polisi menyebut kedatangan massa pelajar ini karena undangan pesan berantai.

"Mereka saya tanyakan tujuannya ternyata mereka mendapatkan pesan berantai yang hari ini kami akan dalami dari mana pesannya untuk mereka datang ke DPR," kata Kapolres Jakarta Pusat Harry Kurniawan kepada wartawan di depan gerbang gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

14.42 WIB: Massa pelajar bergerak ke Flyover Slipi

Massa pelajar bergerak di Flyover Slipi, Jakarta Barat. Mereka membawa aneka poster sebagai bentuk protes terhadap Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Pantauan detikcom di flyover Slipi, Rabu (25/9/2019), para pelajar melakukan unjuk rasa sejak pukul 14.42 WIB. Mereka tampak mengenakan seragam sekolah dan sebagian lainnya memakai baju biasa.

Polisi membuat barikade menghalau massa pelajar ini. Massa meneriakkan yel-yel menolak pengesahan RUU. Para legislator di Senayan juga turut disindir lewat yel-yel.


Aneka poster yang dibawa para pelajar ini juga menyindir para anggota DPR. Sindiran mereka banyak yang bernada khas anak STM. Di antaranya 'Mahasiswa Orasi, Pelajar Eksekusi #STMSejabodetabek', 'Our Democracy Has Been Hacked #DPRGoblok'.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4