detikNews
Rabu 25 September 2019, 18:40 WIB

Terpilih Jadi Rektor UI, Ari Kuncoro Janji Tingkatkan Kualitas Lulusan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Terpilih Jadi Rektor UI, Ari Kuncoro Janji Tingkatkan Kualitas Lulusan Foto: Rektor UI terpilih 2019-2024 Ari Kuncoro (kiri) bersama Rektor UI periode sebelumnya, Muhammad Anis (Rahel Narda Chaterine)
Depok - Usai terpilih jadi Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024, Ari Kuncoro berjanji akan tingkatkan kualitas lulusan. Dia ingin lulusan UI punya kualitas berkelas internasional.

"Jadi kalau lihat negara-nagara yang berhasil, ya. Itu dia mempunyai kemampuan untuk menembus jalur pasokan internasional. Nah karena itu lulusan perguruan tingginya mesti jago. Tidak hanya jago secara akademis tapi dia mempunyai keahlian-keahlian seperti negosiasi kemudian, kemampuan untuk koordinasi, kemampuan untuk melihat dari atas, ya," kata Ari Kuncoro, di Makara Art Center, Kampus UI, Depok, Rabu (25/9/2019).


Selain itu, dia ingin menumbuhkan budaya inovasi dan pengembangan teknologi di UI untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju. Strategi itu dia kutip dari pesan Pemenang Hadiah Nobel Ekonomi 2019, Paul Romer.

"Ini adalah pesan dari pemenang nobel 2019, yang namanya Paul Romer, bahwa negara-negara yang berjaya nanti adalah negara-negara yang menguasai teknologi, informasi, pengetahuan, dan inovasi," tutur Ari.


Dia lantas mengungkapkan target jangka pendeknya sebagai Rektor UI yang baru. Ari ingin membereskan semua persoalan data di kampus UI.

"Ya satu hari itu memberesi data. Jadi kita mengambil kebijakan itu kadang-kadang cuma pakai feeling atau ngobrol rapat kadang, tapi nggak lihat data. Nah data itu ada. Cuma bagaimana dia bisa digunakan untuk menghasilkan kebijakan, itu harus diolah dulu. Nah itu adalah mindset. Karena ada orang yang tidak terlalu biasa menggunakan data. Nah setelah itu baru kita membuat yang namanya networking kita semakin besar," ungkapnya.


Simak juga video "Tingkatkan Potensi Teknologi Tanah Air, Grab dan UI Jalin Kerja Sama":

[Gambas:Video 20detik]


(rdp/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com