detikNews
Rabu 25 September 2019, 13:34 WIB

Yasonna soal Penolak RUU KUHP: Ada yang Bilang Kolonialisme, Ini Tak Baca

Dwi Andayani - detikNews
Yasonna soal Penolak RUU KUHP: Ada yang Bilang Kolonialisme, Ini Tak Baca Menkum HAM Yasonna Laoly (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengaku heran dengan pihak yang menolak RUU KUHP. Dia menyebut ada pihak yang menilai RUU KUHP seolah kolonialisme, namun dianggapnya tidak membaca draf RUU itu.

"Saya menjadi heran kalau ada orang melakukan penolakan seolah-olah ada yang kemarin bilang ini kolonialisme, ini tidak baca, menyedihkan. Menyedihkan sekali," kata Yasonna di Gedung Kemenkum HAM, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/9/2019).



Dia kemudian menilai ada gerakan tambahan terkait demonstrasi mahasiswa yang menolak RUU KUHP hingga berujung ricuh. Namun, dia tak menyebut siapa yang dimaksudnya gerakan tambahan itu.

"Setelah kita teliti rupanya ada gerakan sistem, gerakan tambahan. Ada itu kemarin setelah kita tunjukkan ada, kalian tahu, barang sudah viral kan," ujar Yasonna.

"Saya tanya, kalau sampai merusak membakar mobil orang, emang begitu caranya?" sambungnya.



Yasonna mempersilakan masyarakat menyampaikan pandangan. Namun, menurutnya penyampaian tersebut harus dilakukan secara benar.

"Jadi kita berharap sebagai anak bangsa, kalau memang mau menyampaikan pandangan itu yang benar," tuturnya.
(dwia/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com