Selain Doa, Ini Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan saat Turun Hujan

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 24 Sep 2019 18:34 WIB
Selain Doa, Ini Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan saat Turun Hujan /Foto: GettyImages
Jakarta - Membaca doa turun hujan disunnahkan kepada umat Islam ketika hujan. Sebab hujan bisa datang kapan saja sebagai rahmat dari Allah SWT.

Berdoa saat hujan bisa membuat keinginan dikabulkan. Hal itu dijanjikan oleh Allah SWT dalam sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam sebagaimana diriwayatkan Al Hakim dan Al Baihaqi.



Selain itu, ada beberapa amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam saat turun hujan. Apa saja?

1. Bersyukur

Mengucap syukur merupakan salah satu sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad ketika turun hujan. Ucapan syukur pun termasuk doa agar kebaikan dan keberkahan bisa bertambah.

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, beliau berkata "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan 'Allahumma shoyyiban nafi'an' (Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat).

2. Mengambil Berkah

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga mengambil berkah saat turun hujan. Hal itu dilakukan dengan menyingkap bajunya hingga terguyur air hujan.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata "Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu Rasulullah menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian kami mengatakan 'Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?' Kemudian, Rasulullah bersabda 'Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan."



3. Tidak Mencela Hujan

Mencela merupakan salah satu larangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, termasuk pada turunnya hujan. Berdasarkan Quran Surat Qaaf (50:18) "tidak suatu ucapan pun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir."

Selain itu, larangan mencela hujan juga berdasarkan hadist Rasulullah yang bersabda "Jangan lah kamu mencaci maki angin." Artinya, mencaci maki mahluk yang tidak dapat berbuat apa-apa, termasuk hujan merupakan hal terlarang.

Daripada mencela, ada baiknya memanjatkan doa turun hujan seperti yang dilakukan Rasulullah.

4. Kembali Bersyukur Ketika Hujan Reda

Setelah hujan reda, ada baiknya seseorang mengucap syukur kepada Allah SWT. Hal itu dilakukan agar meningkatkan iman seseorang terhadap kekuasaan Allah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda "Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu, dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan 'Muthirna bi fadhilahi wa rohmatih' (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dia lah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. (pay/erd)