Hujan Guyur Banda Aceh tapi Asap Masih Betah di Tanah Rencong

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 24 Sep 2019 15:00 WIB
Hujan yang mengguyur kawasan Banda Aceh belum mengusir kabut asap. (Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Hujan dengan intensitas ringan mengguyur kawasan Banda Aceh. Meski demikian, kabut asap masih menyelimuti ibu kota Provinsi Aceh itu.

Pantauan detikcom, hujan lokal mengguyur sejumlah kawasan di Banda Aceh sejak pukul 13.30 WIB, Selasa (24/9/2019). Di kawasan Krueng Aceh atau persisnya di depan Kodam Iskandar Muda, asap sempat pekat.




Hujan beberapa kali mengguyur dengan durasi pendek. Sekitar pukul 14.30 WIB, hujan berhenti tapi kabut asap masih menyelimuti.

Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Zakaria Ahmad mengatakan asap baru hilang jika hujan mengguyur secara menyeluruh dengan durasi lama dan intensitas lebat. BMKG menyebut hujan yang mengguyur siang ini masih ringan.

"Bila hujan sangat lokal maka kabut asapnya di sekitarnya segera mengisi ruang kosong. Begitu juga bila intensitasnya ringan, tidak sanggup meluruhkan partikel-partikel padat yang ada dalam asap," kata Zakaria saat dimintai konfirmasi detikcom.




"Atau hujannya hanya sebentar partikel-partikel dalam kabut asap yang ada di udara tidak sempat habis jatuh ke tanah," imbuhnya memberi penjelasan.

Seperti diketahui, kabut asap menyelimuti Banda Aceh dan seluruh kabupaten/kota sejak Senin (23/9) kemarin. Kabut asap tersebut diperkirakan kiriman dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera.



Tonton video Cerita Pilu Anggota TNI saat Tsunami Aceh 2004:

[Gambas:Video 20detik]

(agse/dhn)