detikNews
Selasa 24 September 2019, 09:10 WIB

Jambi Diguyur Hujan Pagi Ini, Warga Bersyukur

Ferdi Almunanda - detikNews
Jambi Diguyur Hujan Pagi Ini, Warga Bersyukur Foto: Hujan yang guyur Jambi Selasa (24/9) pagi (Dok. Istimewa)
Jambi - Setelah hampir berbulan-bulan diselimuti kabut asap karhutla, pagi ini sejumlah wilayah di Jambi diguyur hujan. Hujan yang turun kurang lebih setengah jam itu disambut rasa bahagia oleh sejumlah masyarakat setempat.

Guyuran hujan ringan hingga sedang itu membasahi bumi Jambi untuk pertama kalinya sejak beberapa bulan terakhir ini. Masyarakat juga berharap hujan yang turun itu mampu memadamkan sejumlah titik api karhutla yang ada di Jambi saat ini.

"Alhamdulillah puji syukur akhirnya hujan yang lama dinantikan ini kembali turun membasahi tanah Jambi. Semoga saja dengan hujan ini kabut asap yang mengganggu serta kebakaran lahan yang ada di Jambi dapat berkurang setidaknya. Semoga hujan bisa turun lagi untuk beberapa hari ke depannya," kata warga Jambi Selatan, Kota Jambi, Karni, kepada detikcom, Selasa (24/9/2019).


Hujan yang turun pada pagi hari ini terjadi di beberapa wilayah yang ada di Jambi. Guyuran hujan ringan hingga sedang itu terjadi di Kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari, Sarolangun, Bungo, Merangin dan Kerinci. Sebelumnya, hujan juga terjadi di dua daerah kabupaten yang merupakan lokasi dampak karhutla yaitu Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat Jambi.

Berdasarkan dari data BMKG Jambi, guyuran hujan dengan intensitas ringan dan sedang akan terjadi di beberapa wilayah. Hujan yang turun itu terjadi pada pagi siang dan sore harinya.

Dengan terjadinya guyuran hujan ini banyak warga di Jambi yang terdampak oleh kabut asap merasa bahagia. Mereka menilai dengan terjadinya hujan, udara yang segar dan bersih itu dapat mereka rasakan kembali.


"Kami sudah rindu udara bersih, napas kami sudah sesak rasanya hirup asap disertai abu dari sisa karhutla itu. Kami harap dengan adanya hujan ini dan udara sudah bersih lagi jadi anak-anak bisa sekolah lagi, perekonomian bisa berjalan lancar kembali," kata warga Kabupaten Muaro Jambi, Novi.

Sementara saat ini, kebakaran hutan dan lahan di Jambi masih terus terjadi, walau beberapa daerah telah diguyur hujan. Kebakaran hutan dan lahan ini terjadi di beberapa titik di Jambi terutama di Kabupaten Muaro Jambi yang paling banyak terjadinya kebakaran.

Namun pada pagi hari ini terpantau titik hotspot di Jambi mulai berkurang dari hari sebelumnya. Dikutip dari situs resmi Lapan, jumlah titik hotspot di Jambi 138 titik.
(gbr/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com