Round-up

Mahasiswa Bergerak Lagi!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Sep 2019 05:30 WIB
Demo di depan gedung DPR (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)


Sementara di Jawa Barat, aksi terjadi di Bandung dan Cirebon. Aksi mahasiswa di Bandung sempat ricuh karena massa yang terus mencoba menerobos masuk Gedung DPRD Jabar. Polisi pun terpaksa memukul mundur demonstran dengan water canon dan menembakkan gas air mata karena situasi semakin tak kondusif.

Di Jakarta, tepatnya di gedung DPR, aksi mahasiswa menolak UU KPK hingga RUU KUHP juga terjadi. Aksi lanjutan dari demo 19 September 2019 lalu itu dikarenakan mahasiswa kecewa DPR tak juga melibatkan mahasiswa dalam pembahasan RUU.

"Kami ingin mencabut RUU KPK dengan menerbitkan perppu yang mencabut UU KPK yang disetujui oleh DPR," kata Ketua BEM UI Manik Marganamahendra saat jumpa pers di Tugu Reformasi Trisakti, Jalan Kiai Tapa, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (23/9/2019).

Massa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Tuntut Tuntaskan Reformasi itu pun meminta UU KPK untuk segera dicabut dan menolak RUU KUHP. Namun, demo di depan gedung DPR juga dihadiri massa pro-revisi UU KPK yang juga sempat terlibat aksi lempar botol dengan masa tolak revisi UU KPK pada pagi tadi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3