detikNews
Senin 23 September 2019, 20:45 WIB

Periksa 2 Pejabat PT Pelindo II, KPK Konfirmasi Penerimaan Container Crane

Zunita Putri - detikNews
Periksa 2 Pejabat PT Pelindo II, KPK Konfirmasi Penerimaan Container Crane Febri Diansyah. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - KPK melakukan pemeriksaan terhadap dua orang pejabat PT Pelindo II terkait kasus korupsi pengadaan Quay Container Crane (QCC) di PT Pelindo II. Dalam pemeriksaan ini, KPK menggali informasi terkait spesifikasi Quay Container Crane.

Saksi yang diperiksa KPK dalam kasus ini ada dua orang, yakni General Manager PT Pelindo II cabang pelabuhan Pontianak, Adi Sugiri dan Asisten Manager Teknik Mesin dan Listrik cabang pelabuhan Pontianak, Muh Soleh. Keduanya diperiksa untuk tersangka RJ Lino.

"KPK mengkonfirmasi pengetahuan para saksi terkait dengan kesesuaian spesifikasi Quay Container Crane yang diterima di Kantor Pelindo II Cabang Pontianak," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019).



RJ Lino merupakan mantan Dirut PT Pelindo II yang ditetapkan KPK sebagai tersangka pada tahun 2015. Lino diduga menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri dan orang lain atau korporasi dalam pengadaan 3 unit QCC pada tahun 2010. Pada saat itu Lino menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelindo II.

Kerugian negara dalam kasus ini disebut mencapai Rp 60 miliar. KPK pun sempat memeriksa RJ Lino pada 5 Februari 2016.

Dalam kasus ini, Lino juga diduga menyalahgunakan kewenangannya dengan memerintahkan penunjukan langsung kepada perusahaan asal China untuk pengadaan 3 QCC tersebut. Sejak ditetapkan sebagai tersangka, Lino belum ditahan KPK sampai saat ini.



Simak juga video "Denny Indrayana: Semua Lembaga Antikorupsi Sebelum KPK, Mati oleh Koruptor":

[Gambas:Video 20detik]




(zap/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com