Rusuh Jayapura, Polri: 3 Mahasiswa Tewas Diduga Kena Peluru Karet

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 23 Sep 2019 19:34 WIB
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Tiga mahasiswa tewas dalam kerusuhan di Expo Waena, Jayapura, Papua. Tiga mahasiswa tewas, satu prajurit TNI gugur, dan 6 anggota Brimob terluka.

"Dugaan (karena) peluru karet, tapi harus diautopsi dulu. Tim DVI masih melakukan pengecekan identitasnya. Penyebab masih didalami tim DVI," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Sedangkan prajurit TNI Praka Zulkifli tewas akibat dibacok. Penyerangan dilakukan mahasiswa di Expo Waena setelah diangkut dari aula Universitas Cenderawasih (Uncen), Jayapura.

"Dengan sangat mendadak, mahasiswa tersebut sekitar jam 12 dan jam 1 menyerang secara membabi buta mengakibatkan satu TNI gugur, luka benda tumpul dan bacokan. Serangan ke Brimob membuat enam anggota mengalami luka berat benda tumpul, batu, dan bacokan senjata tajam," sambung Dedi.

Untuk mengendalikan situasi, aparat melakukan tindakan tegas terhadap mahasiswa yang anarkistis.





"Akibatnya, ada tiga mahasiswa yang meninggal dunia. Kemudian 20 luka-luka. Saat ini anggota TNI, Polri, mahasiswa luka dirawat di RS Bhayangkara," sambungnya.

Mahasiswa yang terlibat kerusuhan di Jayapura dibawa ke Mako Brimob. Polisi memeriksa para mahasiswa untuk memastikan pelaku kerusuhan juga provokasi.

"Masyarakat diimbau jangan percaya berita hoax yang membuat situasi panas dan terjadi kerusuhan," kata Dedi.


Simak juga video "Rusuh di Jayapura, 1 Prajurit TNI Gugur Akibat Dibacok":

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/tor)