Gugat UU Pilkada, Faldo Maldini: Usia Saya Kurang Sehari Maju Cagub

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 23 Sep 2019 16:23 WIB
Faldo Maldini (Foto: dok. pribadi)

Faldo menyayangkan jika usia yang kurang sehari saja menjegal majunya ke kontestasi pilkada. Dengan demikian, dia harus menunggu 5 tahun lagi untuk maju mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

"Bayangkan ada satu orang yang umurnya kurang satu hari, kurang satu hari, dia pengin jadi kepala daerah. Tapi, karena umurnya kurang satu hari, dan silakan pikirkan, apa perubahan psikologis seseorang dalam umur satu hari dan dia harus menunggu 5 tahun lagi untuk proses kaderisasi ini. Kami nggak tahu lima tahun lagi tawarannya apa, offer-nya apa, atau bahkan peluangnya apa," kata Faldo.


Pendaftaran gugatan itu juga dihadiri anggota PSI, yaitu Tsamara, Dinda, dan kuasa hukum para penggugat Rian Ernest. Tsamara menilai batasan usia dalam UU Pilkada tidak adil karena untuk anggota legislatif minimal usia 21 tahun, sementara tugasnya mengawasi gubernur yang berusia 30 tahun. Oleh karena itu, dia meminta adanya kesetaraan.

"Kita meminta perlakuan yang sama di hadapan Mahkamah dan sekali lagi bukan tentang PSI. Kami juga pergerakan lintas partai dan di sini mengundang politikus lain yang seharusnya diperjuangkan oleh kami. Ada Cakra dari PKPI, yang juga jadi pihak pemohon," ujarnya.
Halaman

(yld/elz)