Mendagri Sentil Gubernur Riau yang ke LN Saat Karhutla

Eva Safitri - detikNews
Senin, 23 Sep 2019 13:18 WIB
Foto: Gubernur Riau Syamsuar (Chaidir-detikcom)

Soal kepergian Syamsuar ke luar negeri di saat karhutla, Kemendagri tak bisa memberikan sanksi. Sebab kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat.

"Sanksi itu nggak ada, kita nggak bisa. Itu dipilih rakyat ada desentralisasi ada otonomi Kemendagri hanya bisa sanksi administrasi sanksi regulasi yang ada. Kalau pecat, tegur, turunkan pangkat nggak bisa. kecuali ada limpahan KPK, itu sering. Itu baru (bisa dicopot)," urai Tjahjo.

Selain Syamsuar, Wali Kota Pekanbaru Firdaus diketahui juga pergi ke luar negeri saat wilayahnya dikepung kabut asap karhutla. Firdaus pergi ke Kanada untuk memenuhi undangan Kementerian ESDM terkait kerja sama bisnis penyedia teknologi, pengembangan, dan kontraktor proyek pengelolaan sampah.

Tak hanya itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru pergi ke Malaysia sejak semalam. Herman Deru mengikuti kegiatan di Malaka, Malaysia. Agenda pertamanya adalah pelantikan sebagai Ketua Sekretariat Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia.

Selanjutnya, gubernur akan melakukan kunjungan ke kantor Tuan Yang atau di Tun Datuk Seri Utama Mohd Khalil Bin Yaakob. Tidak hanya itu saja, gubernur pun kembali melanjutkan kunjungan ke Kantor Ketua Menteri Malaka Tuan Adly Bin Zahan.

Terakhir, gubernur melakukan kunjungan ke Taman Mini Malaysia dan ASEAN Kota Ayer Keroh, Malaka. Deru sebagai Ketua DMDI meninjau melakukan peninjauan di Rumah Indonesia Taman Mini Malaysia dan Asean Kota Ayer Keroh.
(elz/tor)