Kepala Daerah di Area Karhutla Dilarang ke LN, Mendagri: Termasuk Presiden

Eva Safitri - detikNews
Senin, 23 Sep 2019 12:35 WIB
Tjahjo Kumolo (Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo menegaskan kepala daerah yang wilayahnya terkena dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak diperbolehkan meninggalkan wilayah, termasuk ke luar negeri. Kebijakan ini berlaku juga untuk Presiden Joko Widodo.

"Kami sudah 3 kali kirim radiogram, sampai terakhir radiogram untuk tidak tinggalkan tempat. Kedua masalah rumah oksigen harus ada, secara prinsip harus kerja sama dengan TNI/Polri dengan ahli, semua ada," jelas Tjahjo setelah menghadiri konsolidasi nasional KPU di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019).


Saat dimintai konfirmasi apakah kebijakan ini termasuk larangan untuk ke luar negeri, Tjahjo menyebut hal itu berlaku bahkan untuk kepala negara. "Termasuk presiden," tegas Tjahjo.

Soal penanggulangan bencana karhutla, dia menyebut banyak kepala daerah yang takut menggunakan anggaran tak terduga. Tjahjo menjelaskan alasannya.

"Memang faktor anggaran dari daerah masing-masing beda karena penggunaan anggaran yang tidak terduga itu banyak kepala daerah yang tidak berani menggunakannya," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2