detikNews
Minggu 22 September 2019, 08:58 WIB

Ingin Gugat Pelaku Karhutla, KAMI Minta Dukungan Warga di CFD Thamrin

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Ingin Gugat Pelaku Karhutla, KAMI Minta Dukungan Warga di CFD Thamrin Foto: KAMI menggelar aksi di kawasan CFD Jalan MH Thamrin terkait karhutla di Riau. (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta - Komunitas Aktivis Muda Indonesia (KAMI) menggelar aksi di kawasan car free day (CFD) Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Mereka berencana menggugat pelaku karhutla di Riau.

Pantauan detikcom di depan patung kuda Arjuna Wijaya, persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka, Minggu (22/9/2019), pukul 08.00 WIB, membentangkan kain putih sepanjang 20 meter yang digunakan untuk meminta dukungan warga. Bagi warga yang mendukung langkah gugatan KAMI, bisa membubuhkan tanda tangan di kain tersebut.

Kain putih tempat warga membubuhkan tanda tangan.Kain putih tempat warga membubuhkan tanda tangan. Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom


"Mereka (Riau) kan sampai detik ini masih dikepung oleh asap ya. Jadi kita membuat dukungan 1 juta tanda tangan untuk menggugat perusahaan pembakaran lahan dan hutan," terang Ketua Umum KAMI Sultoni di lokasi.

Selain itu, terlihat juga 8 botol air mineral kemasan yang berisikan nitrogen. Botol yang mengeluarkan asap itu sebagai silmbol karhutla di Riau.




"Jadi itu simbolis bahwa di Riau itu masih berasap dan masih perlu ditanggulangi," tutur Sultoni.

Aksi ini telah berlangsung sejak jam 07.00 WIB dan akan berakhir sampai CFD selesai yakni pukul 10.00 WIB.


KLHK Tetapkan 5 Perusahaan Tersangka Karhutla:

[Gambas:Video 20detik]


Ingin Gugat Pelaku Karhutla, KAMI Minta Dukungan Warga di CFD Thamrin

(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com