detikNews
Sabtu 21 September 2019, 15:33 WIB

Masyarakat Tanjungpinang di Kepri Goro Bersihkan Laut dari Sampah

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Masyarakat Tanjungpinang di Kepri Goro Bersihkan Laut dari Sampah Sedikitnya 500 orang masyarakat di Provinsi Kepri menggelar aksi gotong royong. (Chaidir Anwar Tanjung/detikcom)
Kepri - Sedikitnya 500 orang masyarakat di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, menggelar aksi gotong royong. Aktivitas warga ini serentak membersihkan laut dari sampah yang berserakan.

Pelaksanaan gotong royong digelar pada Sabtu (21/9/2019) dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD). Kegiatan ini melibatkan ASN, TNI/Polri dan masyarakat, dan mahasiswa di Tanjungpinang.

"Kegiatan ini membersihkan sampah-sampah di tengah lingkungan masyarakat. Sebagian lagi juga membersihkan sampai di tepian laut Rimba Jaya di Tanjungpinang," kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi.


Menurut Lasdin, kegiatan menyingkirkan sampah dari Laut Rimba Jaya dipimpin Kapolsek Tanjungpinang Barat bersama jajaran kelurahan dan warga setempat.

"Sampah yang berserakan di tepi laut dibersihkan dalam gotong royong ini. Banyak sampah berserakan di sana. Kami bersama warga membersihkan sampah yang berserakan itu," kata Lasdin.

Aksi bersih-bersih lainnya, kata Lasdin, juga dilaksanakan di lingkungan rumah masyarakat dan makam yang ada. Gotong royong ini juga dilaksanakan di lingkungan Mapolres Tanjungpinang.


"Peringatan MDC 2019 ini merupakan momen untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan," kata Lasdin.

Terutama lagi, katanya, pembersihan lingkungan dari sampah plastik yang sulit terurai oleh alam. "Momen ini kami harapkan juga untuk kesadaran bersama jangan buang sampah di sembarang tempat. Lingkungan harus kita pelihara bersama," tutup Lasdin.



Tonton juga video Pemprov DKI Siap Bantu Angkut Sampah di Kalibaru, Asalkan...:

[Gambas:Video 20detik]


(cha/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com