Ramai Ular 'Berkaki', Normalkah Ular Mati Keluarkan Penis?

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sabtu, 21 Sep 2019 06:41 WIB
Foto: Screenshot video ular disebut berkaki (Youtube)


Amir mengatakan ada beberapa kemungkinan si ular mati dalam kondisi hemipenisnya keluar. Salah satu kemungkinannya yakni memang karena si ular kepanasan akibat kebakaran hutan tersebut.

"Yang kasus ular terbakar itu, itu kondisinya pada saat hemipenisnya itu keluar itu bisa jadi karena kontraksi otot pada saat terbakar. Terbakar kan kontraksi ototnya, bisa jadi itu hemipenis keluar. Jadi bukan kaki dan semua ular jantan ya punya hemipenis, alat kelamin, alat untuk mengantarkan sperma ke kloaka betinanya," ucap dia.




Amir mengatakan tak semua ular mati dengan kondisi mengeluarkan kelaminnya. Dia menyebut penemuan ular mati dengan penis keluar hanya kebetulan saja.

"Kalau ular mati kebakar ya wajar. Tapi ular mati kebakar terus hemipenisnya keluar itu nggak wajar. Maksudnya nggak semua ular jantan kebakar terus kemudian hemipenisnya keluar itu nggak. Dia itu hanya accidental saja. Tapi keluarnya hemipenis itu kan diasumsikan orang macem-macem, ada kaki kek, ada ular anu, itu nggak betul itu. Itu hanya hemipenis," tutur Amir Hamidy.
(gbr/ibh)