detikNews
Jumat 20 September 2019, 12:17 WIB

Blower Dipasang di Kelas SDN 07 Cilincing yang Tercemar Polusi Pabrik

Rolando - detikNews
Blower Dipasang di Kelas SDN 07 Cilincing yang Tercemar Polusi Pabrik SDN 07 Pagi Cilincing, Jakut,/Foto: Roland-detikcom
Jakarta - SDN 07 Pagi Cilincing, Jakut, tercemar polusi udara dari pabrik pembakaran arang dan peleburan timah. Saat ini ruang kelas sekolah sudah dipasangi blower hingga kain dakron.

Pantuan detikcom, di SDN 07 Pagi Cilincing, Jalan Inspeksi Cakung Drains, para pelajar SMKN 4 Jakarta Utara nampak sedang memasang blower dan kain dakron. Selain itu pelajar juga memasang aquarium dan tanaman di dalam ruang kelas.

Kepsek SDN 07 Cilincing, Juhaedin mengatakan pemasangan blower hingga kain dakron sejak Selasa (17/9). Ada 7 ruang kelas yang dipasang blower hingga kain dakron.

"Sampai dengan hari ini semua sudah sinergi berusaha mencari solusi terbaik. Kami dari SDN Cilincing 07 terus terang dapat instruksi langsung dari Gubernur untuk pemasang filter dakron di dalam ruangan belajar yang jumlahnya 7 ruangan belajar," kata Juhaedin, Jumat (20/9/2019).


Blower Dipasang di Kelas SDN 07 Cilincing yang Tercemar Polusi PabrikFoto: Roland-detikcom


Juhaedin menargetkan pemasangan blower hingga kain dakron selesai pada hari ini. Sementara itu, tanaman lidah mertua dipasang untuk mengisap karbon dioksida.

"Hari ini proses pemasangan dakron insyaallah 7 ruangan hari ini selesai pemasangan dakron. Di dalamnya terdapat dua buah blower kemudian 2 buah kipas angin berair, ditambah lagi ada aquarium besar sebagai penjaga kelembaban udara dan tumbuh-tumbuhan yang tanaman bisa menghisap karbon dioksida," ujarnya.

Selain itu ada 30 tanaman lidah mertua. Tanaman ini didapatkan dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Jakarta Utara.

"Hari ini dari PKK mengirimkan lidah mertua yang mana menurut penelitian itu sangat baik untuk salah satu pengisap karbon dioksida sehingga udara di dalam ruangan insyaallah tidak tercemar lagi oleh asap selama ini mengganggu aktivitas kegiatan belajar mengajar," kata Juhaedin.





"Dengan penutupan, kita bicara terus terang asap tentunya sangat mengganggu semua. Untung untuk kita semua, untung anak kita semua, insyaAllah jadi anak bermanfaat jadi pemimpin bangsa yang diharapkan," sambung dia.

Aktivitas belajar mengajar di SDN Cilincing 07 Pagi, sering terganggu pencemaran polusi yang diakibatkan oleh pembakaran pabrik arang dan peleburan timah di sekitar sekolah. Sekolah berharap mendapat solusi terbaik yang cepat mengatasi permasalahan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memasang alat filter udara di SDN 07 Cilincing, Jakarta Utara yang dekat dengan pabrik pembuatan arang dan peleburan aluminium. Tindakan ini sebagai langkah jangka pendek karena udara di sana terserang polusi dari pabrik.

"Kita akan kirim tim di situ untuk pemfilteran agar sekolah itu bisa bebas. Dalam jangka pendek itu dilakukan. Dalam jangka panjang ya industrinya harus bersih, jangan menimbulkan residu," ucap Anies Baswedan kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (16/9).
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com