RUU KUHP: Takut-takuti Saksi/Korban Diancam 7 Tahun Penjara

Tsarina Maharani - detikNews
Jumat, 20 Sep 2019 11:43 WIB
ilustrasi (dok.detikcom)
Jakarta - RUU KUHP salah satunya mengatur perlindungan saksi dan korban. Hal itu tidak diatur dalam KUHP penjaja Belanda yang berlaku saat ini.

"Setiap orang yang menghalang-halangi saksi atau Korban yang mengakibatkan tidak memperoleh pelindungan atau haknya dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun atau pidana denda paling banyak Kategori VI," demikian bunyi Pasal 300 RUU KUHP yang dikutip detikcom, Jumat (20/9/2019).

Hukuman yang sama juga diberikan kepada orang yang menyebabkan saksi, korban, atau keluarganya kehilangan pekerjaan karena saksi atau korban memberikan kesaksian yang benar dalam proses peradilan. Bagaimana bila saksi atau korban dapat kekerasan fisik?

"Dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun, setiap orang yang melakukan Kekerasan langsung kepada saksi saat memberikan keterangannya atau aparat penegak hukum atau petugas pengadilan yang sedang menjalankan tugasnya yang mengakibatkan saksi tidak dapat memberikan keterangannya," demikian bunyi Pasal 298.

Ancaman maksimal 5 tahun penjara juga diberikan kepada setiap orang yang:

1. menggunakan Kekerasan atau Ancaman Kekerasan terhadap saksi dan/atau Korban sehingga tidak dapat memberikan keterangannya dalam proses peradilan; atau
2. mempengaruhi Pejabat berwenang yang mengakibatkan saksi dan/atau Korban tidak memperoleh pelindungan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sehingga saksi dan/atau Korban tidak dapat memberikan keterangannya dalam proses peradilan.
3. Jika Tindak Pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a mengakibatkan Luka Berat pada saksi dan/atau Korban dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun.
4. Jika Tindak Pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a mengakibatkan matinya saksi dan/atau Korban dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun.


Drama Polemik Pasal RUU KUHP:

[Gambas:Video 20detik]



(asp/rvk)