detikNews
2019/09/20 07:17:10 WIB

Pencarian Pesawat Twin Otter di Papua Pagi Ini Terkendala Cuaca Buruk

Saiman - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pencarian Pesawat Twin Otter di Papua Pagi Ini Terkendala Cuaca Buruk Pencarian Pesawat Twin Otter di Papua Pagi Ini Terkendala Cuaca Buruk (Foto: Saiman)
Timika - Dua pesawat yang membawa tim pencarian pesawat Twin Otter DHC6-400 dengan nomor registrasi PK-CDC yang hilang kontak di Papua telah diberangkatkan. Sebanyak 14 orang tim dikerahkan.

Dua pesawat itu adalah Susi Air yang berangkat pada pukul 05.44 WIB dan pesawat milik Carpediem PK CDJ400 yang berangkat pada pukul 06.22 Wit.

Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Letnan Kolonel (Pnb) Sugeng Sugiharto, mengatakan pesawat hilang kontak tersebut tidak memancarkan sinyal Emergency Locator Transmitter (ELT). Normalnya, pesawat secara otomatis akan memancarkan sinyal ELT jika crash (jatuh).



Menurut Sugeng, kesempatan selamat bagi kru pesawat masih memungkinkan jika terjadi pendaratan darurat. Sebab, pesawat memang tidak memancarkan sinyal ELT jika melakukan pendaratan darurat.

Dalam pencarian hari ketiga ini, tim gabungan TNI-Polri dan Basarnas belum menemui hasil. Faktor cuaca menjadi kendala dalam proses pencarian

"Pagi ini tim telah diberangkatkan dan melakukan pencarian, tapi cuaca buruk dan belum membuahkan hasil, mudah-mudahan siang cuaca membaik," kata Sugeng, Jumat (20/9/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com