detikNews
Kamis 19 September 2019, 21:59 WIB

Ini Harapan Sri Mulyani-Komarudin Hidayat untuk Rektor Baru UI 2019-2024

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Ini Harapan Sri Mulyani-Komarudin Hidayat untuk Rektor Baru UI 2019-2024 Foto: Pemilihan rektor UI 2019-2024 (ist)
Jakarta - Universitas Indonesia (UI) tengah menggelar seleksi calon rektor dan menanti rektor baru untuk periode 2019-2024. Anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UI Sri Mulyani Indrawati berharap Rektor UI yang baru nantinya mampu merespons tantangan zaman.

"Saya rasa yang baik untuk Universitas Indonesia, karena kita semua tahu bahwa SDM adalah sangat penting bagi suatu negara. Dan fungsi dari UI secara historis sebagai suatu lembaga yang memiliki peranan penting," kata Sri Mulyani usai menghadiri presentasi calon rektor UI di Sekolah Pascasarjana UI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019).

Ini Harapan Sri Mulyani-Komarudin Hidayat untuk Rektor Baru UI 2019-2024Foto: Sri Mulyani (ist)

"Dan sekarang tentu tertantang dengan kondisi perekonomian yang berubah, teknologi yang berubah, kemudian arus informasi, arus manusia, arus ide, semuanya ini mengharuskan UI untuk juga merespons. Jadi kita berharap nanti ada pimpinan dari Universitas Indonesia yang bisa membawa almamater ini untuk menjawab tantangan-tantangan zaman sekarang ini dan ke depan," imbuh sosok yang juga Menteri Keuangan ini.


Sri Mulyani menyebut para calon rektor kampus jaket kuning ini memiliki kualifikasi yang baik. Menteri Keuangan itu juga menilai proses seleksi calon rektor UI berlangsung secara baik dan transparan.

"Seluruh proses dilakukan secara good governance ya, dalam artian kita menjelaskan aturan mainnya, kita melihat semua aspeknya, semua dokumen ada di atas meja, semua juga bisa melihat, semua anggota MWA terlibat. Semua juga bisa ikut mengecek sendiri bahwa seluruh proses itu dilakukan dengan tata kelola yang baik, transparan, konsisten. Jadi semua juga bisa puas dengan hasil penilaiannya," ujarnya.

Selain Sri Mulyani, pengusaha Erick Thohir, Menko Perekonomian Darmin Nasution, serta Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro juga turut hadir sebagai anggota MWA dalam presentasi tujuh calon rektor yang digelar hari ini. Bambang menyebut proses seleksi calon rektor ini memperhatikan masa depan UI.

"Proses penilaiannya berlangsung jujur, transparan, dan memperhatikan UI masa depan," ucap Bambang.

Salah satu panelis dalam presentasi calon rektor hari ini, Prof Komarudin Hidayat, berharap UI bisa menjadi insipirasi bagi kampus lain dalam bidang kemajuan riset dan inovasi. Ia juga berharap UI mampu menjadi kontributor ilmuwan dan teknokrat bagi pemerintah.

"UI ini dari dulu juga sebagai kontributor ilmuwan, intelektual, teknokrat pada pemerintah. Jadi UI darma baktinya, tri dharmanya, tidak sekadar mahasiswa ke masyarakat, tapi bagaimana kampus UI itu sendiri ikut memberikan pemikiran kontribusi pada pemerintah secara intelektual, independen, based on competency dan meritocracy," ujar Komarudin.


Lebih lanjut, Komarudin berharap rektor UI yang baru mampu mengemban misi agar UI melahirkan ilmuwan, teknokrat, negarawan. Menurutnya, UI harus berperan serta dalam pembangunan bangsa ke depan.

Ini Harapan Sri Mulyani-Komarudin Hidayat untuk Rektor Baru UI 2019-2024Foto: Komarudin Hidayat (ist)

"Jadi UI itu satu, bagaimana melahirkan ilmuwan, kedua teknokrat, ketiga negarawan. Oleh karena itu, UI jangan kemudian terlibat satu politik pemikiran yang sekatarian, tapi ini harus di atas semuanya. Dia tetap berakar ke bawah, tapi dia komitmen dan kontribusi pada state building, nation building, ini harus terus dikembangkan," pungkasnya.

Sejak siang tadi, seleksi calon rektor UI periode 2019-2024 dilakukan. Dari tujuh nama calon, terjaring tiga orang.

Seleksi calon rektor Universitas Indonesia (UI) telah selesai untuk tahap presentasi di hadapan para panelis. Tiga nama calon rektor UI terjaring dari tujuh nama usai proses seleksi yang dilakukan hari ini. Sebagai tahap akhir, UI akan menggelar debat publik untuk tiga calon rektor UI di Kampus UI Depok pada 25 September 2019 mendatang. Penetapan rektor terpilih akan dilaksanakan hari itu juga.

Berikut ini tiga nama calon Rektor UI yang lolos:
1. Prof. Dr. rer. nat. Abd Harris
2. Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D
3. Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MPH, SpOG(K)
(azr/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com