Tan Malaka Inisiator Rapat Raksasa Ikada yang Diperingati Jakarta?

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 19 Sep 2019 20:44 WIB
Foto ilustrasi: Lukisan bergambar Tan Malaka, pahlawan nasional Indonesia (Ari Saputra/detikcom))
Foto ilustrasi: Lukisan bergambar Tan Malaka, pahlawan nasional Indonesia (Ari Saputra/detikcom))

Ada pula dugaan, Tan Malaka sebenarnya hadir dalam rapat-rapat persiapan demonstrasi dengan menyamar sebagai Iljas Hussein. Akhirnya persiapan memuncak. Pemuda dari Prapatan 10 berkoalisi dengan pemuda dari Menteng 31.

"Menteng mengurusi masalah propaganda untuk demonstrasi, dan menjamin akan hasil yang sebaik-baiknya. sedangkan pada kelompok Prapatan dipercaya untuk urusan keamanan demonstrasi, dan untuk berhubungan dengan Sukarno, Hatta, dan para menteri; mereka bisa memasuki kalangan pemerintah lebih baik daripada kelompok Menteng radikal," tulis Harry.



Dipilihlah tempat demonstrasi yakni di Lapangan Ikada, di situ ada panggung yang bisa digunakan Sukarno untuk pidato. Namun karena persiapan demonstrasi ternyata butuh waktu lebih, maka jadwal demonstrasi diundur dua hari dari 17 September ke 19 September 1945.

Pendapat Asvi Warman Adam

Sejarawan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berpendapat rapat raksasa itu terselenggara berkat pemuda-pemuda Menteng 31. Meski begitu, tak dapat dipungkiri Tan Malaka ada di sisi Sukarno saat Sukarno menghadiri aksi 19 September kala itu.

"Inisiator rapat itu adalah generasi muda mahasiswa yang berkumpul di Menteng Raya 31. Harry Poeze lewat analisis foto memperlihatkan bahwa Tan Malaka berada di dekat Sukarno ketika Presiden menuju podium di Lapangan Ikada untuk berpidato. Pidato itu singkat, hanya sebentar saja," tutur Asvi kepada detikcom, Kamis (19/9/2019).



Menteng 31 adalah pusat jaringan mobilisasi di Jakarta yang menjangkau koordinasi ke tempat sekitar, seperti Cikampek, Karawang, Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Banten. Orang-orang dari Menteng 31 sering keluar masuk kampung menemui kepala desa dan tokoh masyarakat untuk ikut aksi 19 September di Lapangan Ikada.

Asvi juga menilai rapat itu terselenggara berkat masukan dari Tan Malaka." Pemrakarsa dan pelaksana rapat akbar Ikada itu adalah para pemuda setelah mendapatkan masukan dari Tan Malaka," tuturnya.

Tan Malaka Inisiator Rapat Raksasa Ikada yang Diperingati Jakarta?Asvi Warman Adam (Ari Saputra/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5