detikNews
2019/09/19 20:44:47 WIB

Tan Malaka Inisiator Rapat Raksasa Ikada yang Diperingati Jakarta?

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 5
Tan Malaka Inisiator Rapat Raksasa Ikada yang Diperingati Jakarta? Foto ilustrasi: Lukisan bergambar Tan Malaka, pahlawan nasional Indonesia (Ari Saputra/detikcom))
Jakarta - Rapat raksasa di Lapangan Ikada pada 19 September 1945 selalu diperingati tiap tahun oleh Pemerintah Provinsi DKI, tak terkecuali hari ini yang bertepatan dengan 74 tahun peristiwa bersejarah itu. Siapa penggagas aksi massa di awal kemerdekaan itu?

74 Tahun lalu, balatentara penjajah Jepang masih berada di mana-mana karena belum mengakui Negara Republik Indonesia. Padahal sebulan sebelumnya, Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaannya.



Pemuda dan situasi Jakarta

Sejarawan Robert Cribb dalam 'Gangsters and Revolutionaries' menjelaskan perihal kondisi saat itu. Ada kelompok-kelompok pemuda yang mengemuka, yakni Prapatan 10 dan Menteng 31.

Kelompok Prapatan 10 bermarkas di Jalan Prapatan 10, berisi mahasiswa-mahasiswa Sekolah Tinggi Kedokteran. Kelompok Menteng 31 menempati markas yang saat ini dikenal sebagai Gedung Joeang '45.

Anak Menteng 31 membentuk organisasi API (Angkatan Pemuda Indonesia) pada 1 September. Ketua API adalah Wikana dari Asrama Indonesia Merdeka, Wakil Ketuanya adalah Chaerul Saleh dari Asrama Menteng 31, Bendaharanya adalah Darwis dari Prapatan 10. Pemuda-pemuda lainnya yang mengemban kepemimpinan adalah Aidit, Pardjono, Hanafi, Kusnandar, Djohar Nur, dan Chalid Rasjidi. Organisasi ini rencananya dibentuk sebagai sayap bersenjata organisasi yang lebih besar bernama Komite van Aksi.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com