detikNews
Kamis 19 September 2019, 19:01 WIB

Prestasi Kota Bandung di Bawah Pimpinan Oded-Yana

Moch Prima Fauzi - detikNews
Prestasi Kota Bandung di Bawah Pimpinan Oded-Yana Foto: Tri Ispranoto
Jakarta - Setahun memimpin Kota Bandung, pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Oded M Danial dan Yana Mulyana sudah menorehkan beberapa program untuk kemajuan Kota Kembang. Program-program seperti Bandung Unggul, Bandung Nyaman, Bandung Sejahtera, dan Bandung Agamis sudah mulai digalakkan oleh duet Oded-Yana ini.

Dari sisi prestasi kinerja, keduanya sudah membuktikan dengan memperoleh 134 penghargaan meliputi 2 penghargaan internasional, 86 penghargaan tingkat nasional dan 46 penghargaan tingkat regional.

Penghargaan yang dicapai, sesuai dengan visi dan misi Oded-Yana dalam memajukan Kota Bandung untuk menjadi baik lagi.


"Saya bersama Kang Yana ingin membawa Kota Bandung menjadi semakin baik di segala sektor," ungkap Oded setelah dilantik menjadi Wali Kota Bandung, September 2018 lalu.

Di antara prestasi dan penghargaan yang sudah diraih Pemerintah Kota Bandung, beberapa di antaranya adalah:

1. Raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

28 Mei 2019 menjadi tanggal penting bagi Kota Bandung, sebab untuk pertama kalinya dalam sejarah, Kota Bandung berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan. WTP ini merupakan pelengkap reformasi birokrasi Pemerintah Kota Bandung sebagai wujud akuntabilitas keuangan pemerintah.

2. Penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk kesekian kalinya menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Pada tahun 2019 ini, Pemkot Bandung kembali dinilai mampu menyediakan layanan transportasi dan lalu lintas yang laik bagi warganya.

3. Penghargaan Kota Layak Anak

Kota Bandung kembali meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk ketiga kalinya berturut-turut.


4. Penghargaan Tokoh Peduli Lansia

Wali Kota Bandung, Oded M Danial meraih penghargaan dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Agung Gumiwang Kartasasmita, sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia.

5. Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

Kang pisman merupakan program penanganan sampah yang digelorakan Wali Kota Bandung Mang Oded bersama jajaran melalui Kurangi pisahkan dan Manfaatkan. Kesuksesan Program Kang pisman tidak hanya menjadi peradaban baru di Kota Bandung, tapi juga mendapat apresiasi dari dunia internasional. Melalui Kang pisman Wali Kota Bandung Oded M Danial juga mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif.

Hasil kinerja lainnya:

1. Kehadiran Anjungan KIA

Kota Bandung meluncurkan Anjungan Kartu Identitas Anak (KIA) berbasis sidik jari ayah pertama di Indonesia. Dengan anjungan ini, warga Kota Bandung dapat secara mudah mencetak KIA dengan keamanan data yang terjamin.


2. Pembangunan Rumah Sakit Berstandar Internasional RSKIA Kopo

Kota Bandung akan memiliki Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) yang akan mulai beroperasi tahun 2020. RSKIA seluas 47.000 m2 ini memiliki 13 lantai, 8 ruang operasi, dan 500 tempat tidur, dan dilengkapi instalasi informatika yang canggih dan modern.


3. Gerakan Drumpori

Drumpori adalah infrastruktur untuk menanam air hujan. Pemerintah Kota Bandung mencanangkan Gerakan untuk membuat drumpori di rumah-rumah warga agar Kota Bandung tetap memiliki cadangan air saat kemarau dan menyerap air saat musim hujan.

4. Wajah Baru Taman Tegalega

Taman Tegalega kini memiliki wajah baru. Hadirnya lampion berbentuk patung dinosaurus menjadikan lokasi ini tempat wisata baru yang ramah dikunjungi keluarga. Revitalisasi taman ini akan dilanjutkan pada tahun 2020 untuk merampungkan area yang belum selesai.

5. Tarif Khusus TMB

Pemerintah Kota Bandung memberlakukan tarif khusus sebesar Rp1 (dibaca satu rupiah) untuk para veteran yang menggunakan bus Trans Metro Bandung (TMB). Selain itu, bagi pelajar SD dan SMP, tarif bus TMB berlaku Rp1000. Sedangkan tarif umum berlaku hanya Rp 3.000.

6. Penataan PKL Cicadas

Sebanyak 602 Pedagang Kaki Lima di Kawasan Cicadas ditertibkan dengan pemberian kios dan penataan trotoar. Penataan ini merupakan langkah awal untuk menjadikan Kawasan tersebut lebih rapi. Sementara itu, Pemkot Bandung masih mencarikan lokasi tepat untuk merelokasi seluruh pedagang.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com