Pansus DPR akan Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru di Kaltim

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 19 Sep 2019 16:20 WIB
Ketua Pansus ibu kota, Zainudin Amali (Foto: Tsarina/detikcom)
Jakarta - Panitia khusus (pansus) DPR berencana meninjau lokasi ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Pansus DPR ingin mendengar penjelasan mengenai seluk-beluk lokasi ibu kota yang baru, maupun masukan-masukan dari para kepala daerah terkait.

"Kita akan rapat dengan pimpinan daerah, baik gubernur maupun pimpinan dua kabupaten itu (Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara), dan meninjau lokasi," kata Ketua Pansus ibu kota, Zainudin Amali di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2019).



Zainudin mengatakan kegiatan meninjau lokasi ibu kota akan dilakukan setelah koordinasi dengan Badan Keahlian DPR yang tengah membuat kajian pemindahan ibu kota. Namun, dia tidak menjelaskan detail kapan pansus bertolak ke lokasi ibu kota baru.

"Hari ini kemudian, Jumat, sampai Senin, kita koordinasi di internal dengan Badan Keahlian. Ternyata sebelum ada pansus ini, pimpinan DPR sudah menugaskan Badan Keahlian untuk membuat kajian," ujar Zainudin.

"Tapi (kajian) resminya harus dihasilkan oleh pansus yang menjadi dasar rekomendasi DPR menjawab surat presiden. Selanjutnya kami akan ke lokasi, ke Kaltim," imbuhnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2