detikNews
2019/09/19 16:00:58 WIB

Bahas RUU Pesantren, Rapat Komisi VIII DPR-Menag Hujan Interupsi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bahas RUU Pesantren, Rapat Komisi VIII DPR-Menag Hujan Interupsi Foto: Ilustrasi rapat di Komisi VIII DPR RI. (Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta - Komisi VIII DPR bersama pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama, menggelar rapat kerja soal RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Hujan interupsi pun mewarnai rapat kerja tersebut.

Rapat digelar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2019). Rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi VIII, Ali Taher dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan perwakilan dari Kemenkeu.

Hujan interupsi dilontarkan anggota dewan terkait perubahan nama RUU tersebut. RUU tersebut berdasarkan rapat panja (panitia kerja) disepakati untuk diubah menjadi RUU Pesantren.


"Menyepakati RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan diubah menjadi RUU Pesantren," kata Ali Taher.

Meski pada prinsipnya setuju dengan perubahan nama, sejumlah fraksi seperti Fraksi Golkar, Gerindra, hingga Hanura memberikan catatan dalam interupsinya. Mereka meminta DPR berikutnya mengusulkan RUU yang mengatur soal pendidikan agama. Para anggota dewan enggan perubahan nama ini mengesankan adanya diskriminasi kepada agama lain.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com