detikNews
2019/09/19 12:50:57 WIB

Bocah di Aceh Dipaksa Mengemis, Kaki Dirantai Bila Tak Bawa Uang

Datuh Haris Molana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bocah di Aceh Dipaksa Mengemis, Kaki Dirantai Bila Tak Bawa Uang Babinsa saat menemukan bocah di Lhokseumawe, Aceh yang dipaksa mengemis ortunya (Foto: Dok. Istimewa)
Lhokseumawe - Kasus eksploitasi terhadap anak terjadi di Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh. Sepasang suami-istri tega menyuruh anaknya mengemis. Bahkan kaki anaknya itu dirantai jika tidak membawa uang hasil mengemis.

Foto-foto pasangan suami istri (pasutri) dan korban beredar di media sosial dan mendapatkan banyak kutukan dari netizen atas kekejaman tersebut. Dari foto yang beredar, tertera watermark Babinsa Koramil 16/BDS.

"Benar. Telah terjadi kekerasan terhadap anak di bawah umur oleh pasangan suami istri di Desa Tumpok Tengoh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe," kata Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Agung Sukoco, dalam keterangannya, Kamis (19/9/2019).


Agung menyebutkan pada Rabu (18/9) kemarin, Babinsa Koramil 16 Banda Sakti, Kodim Aceh Utara, Serda Maulana Ishak mendapat informasi dari masyarakat adanya penganiayaan terhadap anak berinisial MS (9) yang diduga dilakukan oleh orang tuanya MI (39) dan UG (38). Mendengar ada anak dirantai di dalam rumah, dirinya langsung menuju ke TKP untuk memastikan.

Sementara Serda Maulana Ishak menyebutkan saat dirinya tiba di TKP, dia melihat korban dirantai di dalam rumah, tepatnya di ruang tamu. Dirinya kemudian memerintahkan orang tuanya untuk membuka rantainya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com