detikNews
Kamis 19 September 2019, 11:35 WIB

Iriana Jokowi Bagi-bagi Sepeda Sembari Edukasi Sampah Plastik

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Iriana Jokowi Bagi-bagi Sepeda Sembari Edukasi Sampah Plastik Iriana Jokowi (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Cibinong - Ibu Negara Iriana Jokowi membagi-bagikan sepeda pada para peserta acara Edukasi Penanganan Sampah Plastik. Selain sepeda, ada hadiah lain seperti kompor gas dan setrika yang dibagikan Iriana.

Kegiatan itu berlangsung di Kampus Al-Madinah, Cibinong, Kabupaten Bogor yang diselenggarakan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE). Iriana yang sebelumnya meninjau pembersihan Sungai Cikapancilan langsung membuat heboh ibu-ibu peserta.

"Siapa yang mau sepeda? Siapa yang mau maju?" kata Iriana di Kampus Al-Madinah, Kamis (19/9/2019).

Seorang ibu bernama Idah Ariani mengaku dari Majelis Taklim Bojonggede. Dia diberikan pertanyaan oleh Iriana apa alasan menggunakan kantong plastik. Idah mengaku menggunakan kantong plastik karena lebih praktis. Namun Iriana menjelaskan tentang bahaya kantong plastik.




"Kantong plastik sudah nggak boleh. Boleh diganti bahan dari karton. Lalu bahan yang susah dicuci. Jadi bisa pakai bahan yang bisa dicuci lalu dipakai lagi untuk berbelanja agar tidak sekali pakai," tutur Iriana.

Idah pun diberi izin Iriana untuk mengambil 1 unit sepeda. Suasana semakin meriah setelahnya karena Iriana membagi-bagikan hadiah bagi peserta yang menjawab pertanyaan.

Ada yang diminta menjawab arti dari 3R, menyebutkan tiga benda yang terurai lebih dari 350 tahun, menjelaskan cara penyuluhan ke warga tentang kesadaran lingkungan, dan masih banyak lagi. Usai membagikan hadiah, Iriana pergi meninggalkan lokasi sekitar pukul 10.35 WIB.


Datangi Kali Bahagia, Ibu Negara Mulai Gerakan Indonesia Bersih:

[Gambas:Video 20detik]




(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com