Tunas Kelapa dan Artinya dalam Pramuka

Niken Widya Yunita - detikNews
Rabu, 18 Sep 2019 17:45 WIB
Tunas Kelapa dan Artinya dalam Pramuka/Foto: kemenpora
Jakarta - Pernah lihat lambang tunas kelapa atau nyiur yang ada di baju seragam Pramuka anak atau adik tiap Rabu? Apa maknanya?

Kata Pramuka berasal dari singkatan Praja Muda Karana. Artinya orang muda yang suka berkarya. Di Indonesia Pramuka memiliki lambang khas berupa silhouette Tunas Kelapa.

Logo atau lambang gerakan Pramuka yang berupa gambar siluet tunas kelapa tersebut diciptakan oleh Soehardjo Admodipura. Dia merupakan pembina pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian.

Tunas kelapa digunakan sebagai lambang Pramuka sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.

Tunas kelapa pada lambang gerakan Pramuka yakni dapat digunakan pada panji, bendera, papan nama kwartir dan satuan, serta tanda pengenal administrasi gerakan Pramuka. Penggunaan tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan kegiatan gerakan Pramuka sesuai dengan kiasan yang ada pada lambang gerakan Pramuka tersebut.

Lalu apa arti tunas kelapa pada gerakan Pramuka? Berikut artinya dikutip dari situs Kemenpora:



1. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

2. Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet. Selain itu besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian, serta kesukaran untuk mengabdi pada Tanah Air dan bangsa Indonesia.

3. Nyiur dapat tumbuh di mana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.



4. Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5. Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.

6. Tunas kelapa adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan Tanah Air, bangsa, dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

(nwy/lus)