Mengenang BJ Habibie Sang Founding Father BPPT

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 18 Sep 2019 15:57 WIB
Foto: Keluarga BJ Habibie dan BPPT mengenang BJ Habibie (Rahel Narda/detikcom)


Hammam Riza menuturkan Habibie berpesan agar bangsa ini menguasai teknologi jika ingin negara maju. Dia amat bersyukur Habibie sempat tinggal dan mengenyam studi di Jerman karena pada akhirnya keputusan itu membawa perubahan baik bagi teknologi di Indonesia.

Selain itu, Hammam Riza menyebut Habibie menyumbang pemikiran terkait industri-industri strategis dan ujung tombaknya yakni di bidang dirgantara. Singkat kata, Hammam Riza menyebut semangat Habibie terkait dunia teknologi harus terus dijaga hidup.

"Pada akhirnya saya ingin ingatkan legasi dari Prof BJ Habibie, ini tidak bisa dipadamkan, legasi yang menjadikan BPPT aset bangsa dalam melakukan pembangunan berbasis teknologi, pembangunan berbasis inovasi, inovation driven economy. Sumber daya manusia iptek yang telah dilukis oleh Prof Habibie di masa lalu harus terus ada," jelas Hammam.

Sementara itu, Ilham Akbar Habibie mengucapkan terima kasih atas acara yang menurutnya sangat mengharukan bagi keluarga BJ Habibie. Dia lalu memberikan masukan kepada para hadirin yang disebutnya 'pewaris'.


"Saya mungkin di sini ingin memberikan beberapa masukan terhadap bagaimana sebetulnya kita sebagai pewaris. Ini ada warisan. Pewarisnya bukan saya saja, tapi juga kita semua dalam ruangan ini, bahkan dalam negara ini. Bagaimana caranya kita mewarisi begitu banyak hal yang dibuat oleh Bapak, baik dan benar, sehingga mencapai tujuan. Itu adalah yang terpenting, mencapai tujuan dan saya kira itu sebetulnnya satu, dalam bahasa inggris burning target," tutur Ilham.

Ilham berpesan agar bangsa ini jangan pernah puas akan capaiannya karena akan selalu ada tantangan. Dia ingin semua pihak mewarisi semangat BJ Habibie yang tak pernah menyerah. Selain itu, dia menyebut Habibie sering mencontohkan kepada bangsa ini agar jujur kepada diri sendiri.

"Kita nih mungkin harus jujur kepada diri sendiri di Indonesia. Apa yang akan terjadi di Indonesia kalau kita semangat memberikan semangat atau kita mau memberikan semangat kepada orang. Kenyataannya, terkadang memang di antara kita ada yang kurang senang kalau ada org yang berhasil," sebut Ilham.