detikNews
Rabu 18 September 2019, 14:17 WIB

Jelajah Ibu Kota Baru

Penajam Paser Utara: Kabupaten Muda yang Kaya akan Potensi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Penajam Paser Utara: Kabupaten Muda yang Kaya akan Potensi Kompleks pemerintahan Penajam Paser Utara. (Muhammad Abdurrosyid/detikcom)
Penajam Paser Utara - Penajam Paser Utara (PPU) merupakan salah satu wilayah yang dipilih pemerintah sebagai letak Ibu kota baru RI. Meskipun usianya masih belia, 17 tahun, kabupaten ini punya beragam potensi.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab PPU Ahmad Usman menjelaskan PPU awalnya adalah bagian dari beberapa kabupaten. Kemudian PPU dibentuk berdasarkan UU No 7 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur. PPU terdiri dari empat kecamatan, yakni Babulu, Waru, Penajam, dan Sepaku.

"PPU ini berusia muda. Sepintas PPU ini berdiri berdasarkan UU No 7 tahun 2002 yang terbit 10 April. Maka dari itu, tiap 10 April kami merayakan ulang tahun. Awalnya merupakan bagian dari Kabupaten Kutai, Balikpapan, dan Paser. Dan baru pada tahun 2002 itulah dimekarkan," ujar Usman saat berbincang dengan Tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom, Senin (9/9/2019).


Penajam Paser Utara: Kabupaten Muda yang Kaya akan PotensiAsisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab PPU, Ahmad Usman. (Muhammad Abdurrosyid/detikcom)

Selain itu, Usman menuturkan PPU merupakan kabupaten yang punya beragam potensi. Salah satunya potensi di bidang pertanian. Bahkan, menurutnya, hasil pangan di PPU surplus jika dihitung dengan jumlah penduduk sekitar 180 ribu jiwa berdasarkan data BPS tahun 2018.

"Pada saat ini potensi yang mendasar di PPU ini yaitu pertanian. Pertanian ini tanaman pangan. Dominannya di Kecamatan Babulu. Sekitar 10 hektare lahannya. Luas lahan pangan sampai 10 hektare di Kalimantan itu jarang. Nah kita ini satu-satunya," tuturnya.

Tak hanya itu, Usman juga menjelaskan PPU memiliki letak yang strategis. PPU menjadi jalur lalu lintas warga dari provinsi lain.

"Posisi daerah kita strategis di PPU. Kita sering disebut trans Kalimantan. Artinya, dari Kalimantan Tengah atau Kalimantan Selatan, jalurnya harus masuk jalan di depan sini (jalan depan kantor Bupati PPU), jalan negara ini. Selain itu, teluk Balikpapan yang memisahkan PPU dan Balikpapan itu memiliki lalu lintas yang padat," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan sebagian wilayah PPU dan Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai lokasi ibu kota baru RI pada 26 Agustus 2019.

Sementara itu, Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud menyebut ibu kota baru itu sebagian besar akan ada di PPU. Hanya, ia tak memerinci letak istana negaranya.

"Bapak menteri juga mengatakan bahwa sebagian besar, bahkan lokasi nanti titik Istana (Negara) itu ada di Penajam Paser Utara," kata Abdul kepada wartawan di Hotel Tara, Yogyakarta, Kamis (29/8).

Simak laporan Jelajah Ibu Kota Baru, hanya di detikcom.


Simak Video "Selamat Datang di Pelabuhan Penajam, Gerbang Selatan Ibu Kota Baru"

[Gambas:Video 20detik]


(rdp/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com