detikNews
2019/09/18 12:46:42 WIB

Mudahkan Pelayanan Publik, MA Luncurkan 9 Aplikasi Peradilan Agama

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mudahkan Pelayanan Publik, MA Luncurkan 9 Aplikasi Peradilan Agama Mahkamah Agung (MA) Luncurkan 9 Aplikasi Peradilan Agama (Foto: Yulida/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) meluncurkan 9 inovasi aplikasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Aplikasi tersebut untuk memudahkan para pencari keadilan mengakses pelayanan publik di pengadilan agama.

"Memudahkan pencari keadilan, tidak perlu datang ke kantor cukup dari rumah. Tadi gambarnya malah dari sawah sudah bisa mengirim apakah gugatan atau jawab menjawab ini kita menuju lagi kepada tahap e-litigasi, proses jawab menjawab di peradilan cukup dengan elektronik," kata Ketua MA, Hatta Ali, di Hotel Grand Mercure Maha Cipta, Harmoni, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2019).



Adapun 9 inovasi aplikasi tersebut diantaranya, Aplikasi Notifikasi Perkara, Aplikasi Informasi Perkara dan Informasi Produk Pengadilan Agama, Aplikasi Antrean Sidang, Aplikasi Verifikasi Data Kemiskinan (Kerjasama dengan AIPJ & TNP2K), Command Center Badilag, Aplikasi e-Eksaminasi, Aplikasi PNBP, e-Register Perkara, e-Keuangan Perkara.

Aplikasi tersebut bertujuan untuk mendukung penerapan sistem peradilan secara elektronik (e-Litigasi) di lingkungan Peradilan Agama. Selain itu, juga diperuntukkan bagi masyarakat pencari keadilan dalam mengakses pelayanan publik di Pengadilan Agama, seperti kepastian jadwal persidangan tanpa perlu penumpukan antrean.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com