detikNews
Selasa 17 September 2019, 21:11 WIB

Buka Orientasi DPD 2019-2024, OSO: Indonesia Makmur Kalau Daerah Maju

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Buka Orientasi DPD 2019-2024, OSO: Indonesia Makmur Kalau Daerah Maju Oesman Sapta Odang (OSO) (Bil/detikcom)
Jakarta - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) membuka Orientasi Anggota DPD Periode 2019-2024. Dalam sambutannya, OSO menyebut indikator kemajuan Indonesia bukan hanya di Jakarta.

"Saya ingin menegaskan kembali pada komitmen pembentukan awal DPD di mana keberadaan DPD untuk memajukan dan mensejahterakan daerah. Indonesia makmur kalau daerah sudah maju. Jadi jangan mimpi kalau Jakarta makmur, terus Indonesia sudah makmur," kata OSO saat membuat acara di Hotel JW Marriott, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019).

OSO mengatakan banyak di antara anggota DPD baru ini merupakan wajah lama. Menurut OSO, mereka dipilih karena kinerja di periode sebelumnya.

"Banyak sahabat saya yang terpilih kembali, itu orang hebat, selama sama saya dia punya kredibilitas yang baik dan punya kemampuan, maka dia dipilih lagi oleh daerahnya," ujarnya.

Politikus Partai Hanura itu juga menyentil wajah baru di DPD. Dia memandang tak seharusnya ada orang yang menganggap DPD lemah.

"Ada orang yang mengatakan kita akan merombak, kita akan perbaiki kelemahan DPD. Kelemahan DPD itu apa? kita jangan menyalahkan DPD yang ada," ujarnya.

"Jadi keliru kalau ada yang baru masuk sudah menyalahkan DPD yang lama, itu rasanya tidak sportif," imbuh OSO.

Dia juga berpesan agar DPD tetap berfokus pada tugas mengawasi undang-undang. Jika DPD terlihat dalam pembentukan dan pengesahan UU, maka mereka bisa terjebak pada kerja tersebut.

"Bila kita menunggu amendemen sehingga kita ikut mengesahkan UU seperti DPR, maka kita akan terjebak dengan rutinitas kerja konstitusional," pungkasnya.
(abw/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com