detikNews
Senin 16 September 2019, 22:00 WIB

Round-Up

Gerindra 'Perjuangan' Muncul di Sumbar

T - detikNews
Gerindra Perjuangan Muncul di Sumbar Foto: Spanduk aksi Demo Prabowo, Minta SK Ketua DPRD Se-Sumbar Dicabut (Jeka-detik)
Padang - Sejumlah kader dan simpatisan Gerindra di Sumatera Barat melakukan aksi demo. Massa Gerindra 'Perjuangan' ini memprotes keputusan Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang menerbitkan surat keputusan (SK) terkait posisi ketua DPRD di sejumlah daerah di Sumbar.

Mereka mendesak Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto membatalkan SK penunjukan ketua DPRD yang sudah telanjur keluar. Massa yang menyebut namanya sebagai Front Perjuangan Partai Gerindra (FPG) Sumbar itu melakukan aksi demo pada Senin (15/9/2019), sekitar pukul 13.00 WIB.

Dalam aksinya, massa membawa sejumlah poster berisi tuntutan. Aksi akan dilanjutkan pada Rabu dan Kamis besok jika SK tak kunjung diubah. Kordinator FPG Gerindra Sumbar, Andri Wijaya, mengatakan, ada sejumlah jabatan Ketua DPRD di Sumbar yang tak dijabat dari unsur Sekertasi, Ketua atau Bendaraha (SKB).



Salah satunya posisi Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan kepada Supardi, bukan kepada Desrio Putra, yang merupakan Sekretaris DPD Gerindra Sumbar dan yang memiliki suara tertinggi saat Pileg DPRD Sumbar. Dia menjelaskan bukan hanya DPRD provinsi, beberapa DPRD di Sumbar lainnya yang dimenangi Gerindra, yang ditunjuk sebagai ketua DPRD, juga bukan dari unsur SKB.

"Untuk itu, kita menuntut DPP merevisi SK itu sebelum dilakukan pelantikan pimpinan DPRD," kata Andri.



Menanggapi demo tersebut, Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade, meminta para kader untuk menahan diri. Dia meminta Ketua DPD Gerindra, Nasrul Abit untuk segera menyelasaikan masalah.

"Saya harapkan saudara Ketua DPD Gerindra Sumbar Nasrul Abit segera berkomunikasi dan menyelesaikan masalah ini. Silahkan saja yang tidak puas menyuarakan aspirasi tapi tentu melalui mekanisme yang ada dan seluruh kader saya minta mari kita hormati dan amankan keputusan dari DPP," ucap Andre saat dikonfirmasi terpisah.



Andre menduga aksi ini dipicu ketidakpuasan kader Gerindra di Sumbar yang tak puas dengan keputusan DPP. Menurutnya, hal ini juga akan dibahas di tingkat DPP.

"Mungkin ada ketidakpuasan dari teman-teman di Sumbar. Kalau kita mendengar tuntutannya, para demonstran menunjukkan ketidakpuasan terhadap keputusan DPP yang menunjuk saudara Supardi menjadi Ketua DPRD Sumbar. Bukan saudara Desrio Sekretaris DPD Gerindra Sumbar. Tentu hal ini menjadi perhatian kita semua," jawab Andre.



(rvk/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com