detikNews
Senin 16 September 2019, 18:58 WIB

PDIP Pecat Caleg DPRD Sulsel Terpilih, Surati KPU Agar Tak Dilantik

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
PDIP Pecat Caleg DPRD Sulsel Terpilih, Surati KPU Agar Tak Dilantik ILUSTRASI/Gedung DPRD Sulsel/Foto: (Taufiq-detikcom)
Makassar - Dewan Kehormatan DPP PDI Perjuangan (PDIP) memecat caleg terpilih DPRD Sulsel , Novianus Patanduk, karena terbukti melakukan pelanggaran berat. PDIP menyurati KPU Sulsel agar pelantikan Novianus diganti caleg lainnya.

Kepala Bidang Kehormatan DPD PDIP Sulsel Andi Ansyari Mangkona membenarkan pemecatan Novianus. Surat pemecatan menurutnya ditandatangani Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sebelum pemecatan, tentunya ada proses terlebih dahulu, setelah kami panggil untuk diperiksa di Badan Kehormatan PDIP Sulsel. Hasil wawancaranya kita serahkan ke Badan Kehormatan DPP dan Novianus telah diperiksa di DPP, alasannya sangat kuat sehingga Novianus dipecat, tapi tidak perlu kami sebutkan alasan pemecatannya," ujar Ansyari saat dimintai konfirmasi, Senin (12/9/2019).

PDIP kemudian menyurati KPU Sulsel untuk pembatalan pelantikan Ansyari. Pelantikan anggota DPRD terpilih dijadwalkan digelar 24 September.

Dalam surat DPD PDIP Sulsel, Novianus digantikan caleg lainnya, Risfayanti Muin. Risfayanti merupakan Wakil Sekretaris DPD PDIP Sulsel.

"ami telah mengirimkan surat ke KPU bahwa yang bersangkutan telah dipecat dari partai, dan kita minta dia digantikan oleh caleg lainnya," ujar Ansyari.

Sementara itu, komisioner KPU Sulsel Asram Jaya mengaku sudah menerima surat dari PDIP Sulsel.

"Sudah ada suratnya, tapi saya belum tahu substansi suratnya, kami akan pelajari terlebih dahulu dan akan kami bicarakan bersama komisioner KPU Sulsel lainnya," katanya terpisah.


Simak juga video "Fadli Zon Siap Kerjasama dengan PDIP soal Pimpinan MPR":

[Gambas:Video 20detik]


(mna/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com