detikNews
Senin 16 September 2019, 16:17 WIB

Kabut Asap Makin Parah di Palangka Raya, Jarak Pandang Hanya 400 Meter

Tim detikcom - detikNews
Kabut Asap Makin Parah di Palangka Raya, Jarak Pandang Hanya 400 Meter Kabut asap di Palangka Raya makin parah. (Antara Foto)
FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Palangka Raya - BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya menyampaikan kabut asap di Palangka Raya makin pekat. Jarak pandang di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu hanya mencapai 400 meter.

"Secara umum, jarak pandang di Palangka Raya mulai pukul 07.00-15.00 WIB antara 400-700 meter," kata Prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Ika Priti, yang dikutip dari Antara, Senin (16/9/2019).

Dia menerangkan jarak pandang terjauh yang mencapai 700 meter terjadi pada pukul 08.00-09.00 WIB. Kemudian jarak pandang kembali memburuk dengan radius 400 meter terjadi pada pukul 09.00-15.00 WIB.



Hal itu, menurut Ika, terjadi karena kecepatan angin yang berembus sangat lambat, yakni 2-6 knot atau 3,7-11,11 km/jam.

"Akibatnya, perubahan visibility atau jarak pandang di wilayah Kota Palangka Raya tidak signifikan," kata Ika.



Sementara itu, berdasarkan pantauan, kebakaran di lahan kosong masih marak terjadi di Palangka Raya. Bahkan di beberapa titik, kebakaran lahan mulai mendekati permukiman warga. Dampak kebakaran hutan dan lahan juga terus dirasakan masyarakat, seperti dengan munculnya bau kabut asap menyengat yang membuat napas sesak dan mata pedih.

Pemerintah Kota Palangka Raya pun menetapkan sekolah tingkat SD dan SMP libur selama tiga hari terhitung 16-18 September. Tak hanya itu, karena pekatnya kabut asap yang menyelimuti wilayah Kota Palangka Raya, aktivitas penerbangan di Bandara Tjilik Riwut pun hampir lumpuh total.
(rvk/asp)


FOKUS BERITA: Darurat Kabut Asap
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com