detikNews
Senin 16 September 2019, 13:19 WIB

KPU: Calon Independen Pilwalkot Makassar Butuh 72 Ribu Dukungan KTP

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
KPU: Calon Independen Pilwalkot Makassar Butuh 72 Ribu Dukungan KTP Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Makassar - Tahapan Pilwakot Makassar 2020 bakal dimulai pada Oktober 2019 mendatang dan diawali untuk bakal calon independen. Bakal calon independen disyaratkan mengumpulkan 72 ribu dukungan dan KTP

"Khususnya calon perseorang. Pengumpulan dukungan untuk calon perseorangan," kata komisioner KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar kepada detikcom, Senin (16/9/2019).

"Di Makassar, bakal calon yang ingin maju melalui jalur perseorangan harus mengumpulkan kurang lebih 72 ribu dukungan dan KTP," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua KPU Kota Makassar Farid Wajdi mengatakan pihaknya telah mengajukan anggaran senilai Rp 90 milliar untuk pelaksanaan Pilwakot Makassar.



Tidak hanya itu, Farid menyebut bakal ada perampingan jumlah TPS.

"Total usulan kami ke pemerintah kota sebesar Rp 90 miliar," kata Farid.

Usulan sebesar Rp 90 miliar ini berdasarkan kajian atas terbitnya Standar Biaya Masukan (SDM) yang telah diterbitkan oleh KPU Pusat tahun 2019. Farid menyebut salah satu yang dikoreksi adalah soal jumlah TPS.

"Sebelum kita lakukan perampingan ada di angka 2.500 TPS, sekarang kami rampingkan ke 2.099 TPS. Itu berdampak pembiayaan pemilu nanti, anggaran TPS, dam anggaran KPPS dan seterusnya," ungkapnya.
(fiq/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com