detikNews
Senin 16 September 2019, 12:14 WIB

Iriana Jokowi Soroti Kali Bahagia Bekasi: Ternyata Masih Kotor

Isal Mawardi - detikNews
Iriana Jokowi Soroti Kali Bahagia Bekasi: Ternyata Masih Kotor Foto: Iriana Jokowi Canangkan Gerakan Indonesia Bersih (Isal Mawardi)
Bekasi - Ibu Negara Iriana Joko Widodo sempat mengunjungi Kali Bahagia, Babelan, Kabupaten Bekasi yang sempat viral karena sampahnya yang menumpuk. Iriana kecewa karena sampah di Kali Bahagia belum benar-benar bersih.

"Saya ke Babelan untuk melihat sungai yang ada di Babelan tadi, ternyata masih kotor sekali," ujar Iriana di Balai RW 30, Babelan, Kabupaten Bekasi, Senin (16/9/2019).

Hal ini diungkap Iriana di sela-sela peresmian 'Gerakan Indonesia Bersih' di Babelan, Bekasi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh istri Gubernur Jawa Barat Atalia Kamil.

Iriana mengatakan, alat berat diturunkan ke lokasi untuk membersihkan sampah di Kali Bahagia. Dia juga berharap warga dan pejabat setempat bergotong-royong untuk mengangkut sampah di Kali Bahagia agar lingkungan menjadi bersih.

"Berkat kerjasama ibu-ibu dan RT RW, dan lingkungan semua tadi sudah dibersihkan dengan alat, eksavator, InsyaAllah nanti bisa bersih semua sepanjang 3 Km. Itu tadi semoga bisa bersih dan nanti dapat dimanfaatkan ya. Sama situ 'kan banyak perkampungan dan lainnya," ujar Iriana.







Dalam kesempatan itu, Iriana juga mensosialisasikan edukasi 'Gerakan Indonesia Bersih'. Dia mengajak para siswa untuk menanggulangi sampah plastik.

"Ini tadi juga sosialisasi ke para siswa untuk bagaimana menanggulangi sampah plastik dan itu dari hasil dari sampah plastik rumah tangga bisa dijual, bisa dilihat ini tadi," tutur Iriana.

Pantauan detikcom di Jembatan Jalan Akses, Babelan, Kabupaten Bekasi, tampak air Kali Bahagia berwarna hitam. Sejumlah sampah plastik masih menggenang di Kali Bahagia. Bau tak sedap tercium di sekitar lokasi.

Sebelumnya, Kali Bahagia sempat menjadi perbincangan karena sampah menutupi permukaan kali pada akhir Juli lalu. Setelah viral, pemerintah setempat dan warga sekitar bergotong royong membersihkan kali dengan alat berat.





(mea/mei)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com