detikNews
Senin 16 September 2019, 07:58 WIB

Bantu Jokowi Cari Menteri

6 Nama Tenar di Kandidat Menko PMK, Siapa Pilihanmu?

Tim detikcom - detikNews
6 Nama Tenar di Kandidat Menko PMK, Siapa Pilihanmu? Foto: Ilustrasi: Zaki Alfarabi
Jakarta - Enam nama tokoh berpengalaman di Indonesia diprediksi menjadi kandidat kuat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Siapa yang tepat menduduki posisi tersebut di periode kedua Jokowi?

Enam tokoh itu berasal dari ratusan nama usulan Detikers lewat survei 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Nama-nama itu kemudian ditelaah tim pakar dalam focus group discussion (FGD) dan redaksi detikcom kemudian memfinalisasi enam nama calon menteri di setiap kementerian.



Kini, Detikers kembali punya peran lewat polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Polling berlangsung pada 10-30 September 2019. Tiga nama yang paling banyak direkomendasikan oleh Detikers ditambah menteri inkumben akan diserahkan kepada Jokowi sebagai hasil dari 'Bantu Jokowi Cari Menteri'

Polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri' untuk Menko PMK dapat diakses di sini. Detikers cukup memilih kandidat yang dinilai tepat untuk mengisi posisi menteri tersebut lalu simpan pilihan.



Siapa saja enam kandidat Menko PMK di 'Bantu Jokowi Cari Menteri'?

Ini nama-nama kandidat Menko PMK dan profil singkatnya:

Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto adalah Ketua Umum Partai Golkar yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Dia pernah menjadi anggota DPR dan menduduki Komisi VI, Komisi VII, hingga Komisi IX. Sebelumnya, Airlangga berkarir sebagai pengusaha dan pernah menjadi Presiden Direktur sejumlah perusahaan

Airlangga Hartarto / Airlangga Hartarto / Foto: Rifkianto Nugroho


Prananda Prabowo

Prananda Prabowo merupakan politikus PDIP yang kini menjabat sebagai Ketua Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Ekonomi Digital. Sebelumnya, dia adalah Kepala Ruang Pengendali dan Analisa Situasi di PDIP.

Prananda Prabowo / Prananda Prabowo / Foto: dikhy sasra


Tri Rismaharini

Tri Rismaharini adalah Ketua DPP PDIP yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya di periode kedua. Risma meniti karier sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS) Kota Surabaya sejak dekade 1990-an. Sebelum menjadi Wali Kota, Risma adalah Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) hingga tahun 2010

Tri Rismaharini / Tri Rismaharini / Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom



Yenny Wahid

Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid) adalah pendiri Wahid Foundation. Mantan wartawan The Sydney Morning Herald dan The Age ini adalah lulusan Universitas Harvard Kennedy School of Government.Pada tahun 20016, ia diangkat sebagai anggota staf khusus Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono untuk bidang komunikasi politik.

Yenny Wahid / Yenny Wahid / Foto: Grandyos Zafna


Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti saat ini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Sebelumnya, dia adalah pengusaha yang merupakan pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product serta PT ASI Pudjiastuti Aviation. Pada tahun 2016, Susi memperoleh gelar doktor honoris causa dari Universitas Diponegoro (Undip).

Susi Pudjiastuti / Susi Pudjiastuti / Foto: Foto: Agung Pambudhhy/Detik


Agus Gumiwang Kartasasmita

Agus Gumiwang Kartasasmita adalah politikus Golkar yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial. Sebelumnya, Agus merupakan anggota DPR RI sejak 1999 dengan pengalaman lintaskomisi. Agus memperoleh gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari UNPAD.

Agus Gumiwang Kartasasmita / Agus Gumiwang Kartasasmita / Foto: dok. Kowani


Menurut Detikers, siapa yang tepat menjadi Menko PMK di periode kedua Jokowi? Isi polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri' di sini detik ini juga!
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com