Pemrov DKI Koordinasi dengan PUPR soal Trotoar di Tengah Jalan Kalimalang

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 15 Sep 2019 18:05 WIB
Trotoar Kalimalang Berada di Tengah Jalan (Agung Pambudhy/detikcom)
Trotoar Kalimalang Berada di Tengah Jalan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Pusat DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) soal trotoar di tengah Jalan Kalimalang, Jakarta Timur. Jalan tersebut masih dikelola oleh pemerintah pusat.

"Ini Jalan Kalimalang masih kewenangan Kementerian PUPR. Berkaitan dengan (pembangunan) Tol Becakayu. Itu hasil koordinasi sementara dari Dinas Bina Marga (DKI Jakarta)," ucap Wali Kota Jakarta Timur M Anwar dalam pesannya, Minggu (15/9/2019).

Pemerintah Provinsi tidak bisa melakukan tindakan perbaikan di Jalan Kalimalang. Hanya pemerintah pusat yang berwenang melakukannya.


Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyambut akan berkomunikasi dengan Kementerian PUPR. Dia akan meminta agar Jalan Kalimalang dikelola oleh Pemprov.

"Iya (akan koordinasi). Seperti 13 ruas jalan nasional sudah diserahkan (pengelolaannya) dari pusat ke DKI Jakarta," kata Hari saat dihubungi terpisah.



Pengelolaan Jalan Kalimalang oleh pemerintah pusat juga dinyatakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Jalan itu, masih terkait proyek pembangunan Tol Becakayu.

"Jadi gini... untuk pembangunan Jalan Kalimalang itu saat ini satu paket dengan pembangunan Tol Becakayu, jadi DKI belum masuk ke situ. Itu kan dari PUPR," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo saat dihubungi, Sabtu (14/9) malam

Seperti diketahui, trotoar di Jalan Kalimalang terlihat ganjil. Trotoar tersebut berada di tengah Jalan Kalimalang yang terkenal ramai.


Simak Video "Dear Bekasi, Kang Emil akan Sulap Kalimalang Sekeren di Seoul"

[Gambas:Video 20detik]

(aik/rvk)