detikNews
Minggu 15 September 2019, 15:23 WIB

Diimbau Tak Selfie di Makam BJ Habibie, Ini Kata Para Peziarah

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Diimbau Tak Selfie di Makam BJ Habibie, Ini Kata Para Peziarah Peziarah di Makam BJ Habibie (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Ramainya peziarah yang sempat selfie-selfie di makam BJ Habibie membuat pihak pengurus Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata mengimbau agar tak selfie. Apa kata para peziarah sekarang?

Salah satu peziarah bernama Agus Sampurna (37) mengatakan selfie sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Dia pun tidak heran jika ada masyarakat yang ber-selfie di makam BJ Habibie sebagai figur yang menginspirasi banyak orang.

"Selfie ini kan lagi trennya ya. Orang sekarang mencoba menjadi eksis dengan cara ya sesuatu yang viral terus di-selfie gitu ya. Kita tahu Pak Habibie baru dimakamkan dan beliau ini kan sangat jadi inspirasi banyak orang. Begitu beliau dimakamkan kan pasti banyak yang antusias dan sayangnya ini pemakaman, tidak pada tempatnya," kata Agus di TMPNU Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).


Agus mengatakan kebiasaan ber-selfie masyarakat itu sebenarnya dapat membuat masyarakat lain tertarik untuk berziarah juga ke makam BJ Habibie. Tapi, foto-foto itu seharusnya tetap dalam batas kewajaran dan tidak berlebihan, misalnya menginjak makam.

"Asal bergayanya nggak berlebihan aja sih. Dudukin makam orang, ngijek, itu kan yang nggak boleh ya. Nggak masalah. Selama tadi masih dalam batas kewajaran. (Berfoto) menabur bunga, nggak masalah," ucapnya.



Senada dengan Agus, salah satu peziarah lainnya, Ade Yulianti (23), juga mengatakan selfie dengan gaya berlebihan memang tidak pantas dilakukan di makam. Dia mengajak para peziarah untuk berfoto sewajarnya bila berada di makam.

"Menurut saya sih jangan terlalu berlebihan untuk selfie-selfie begitu. Sewajarnya aja," kata Ade Yulianti saat ditemui di TMPNU Kalibata.

Diimbau Tak Selfie di Makam BJ Habibie, Ini Kata Para PeziarahPeziarah di Makam BJ Habibie (Jefrie/detikcom)

Ade mengaku tidak keberatan dengan imbauan untuk tidak selfie dengan gaya berlebihan yang ditetapkan oleh pengurus TMPNU Kalibata. Menurutnya, para peziarah juga perlu menghormati para jenazah yang telah dikuburkan di taman makam pahlawan tersebut.

"Ya karena kan di makam, menghormati yang sudah tidak ada. Kalau (selfie dengan gaya) berlebihan keberatanlah. Biasa aja, saat lagi berdoa (fotonya) bagus kok," tutupnya.


Sebelumnya, Koordinator Sekuriti TMPNU Kalibata Iswani mengatakan para peziarah memang diimbau agar tidak melakukan selfie di makam, khususnya dengan gaya yang berlebihan. Menurutnya, taman makam pahlawan bukanlah untuk foto dengan gaya-gaya yang berlebihan.

"Memang ini kan Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata jadi sebatas pengunjung hanya untuk berdoa dan foto bersama. Ada di tayangan (media) itu ada foto-foto selfie-nya, itu yang nggak boleh, bergaya. Sedangkan itu kan di taman makam pahlawan tapi kok justru malah dibuat bergaya, foto-foto bergaya," kata Iswani di TMPNU Kalibata.

Ilham Habibie di makam sang ayah / Ilham Habibie di Makam Sang Ayah (Grandyos Zafna/detikcom)

BJ Habibie meninggal pada hari Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. BJ Habibie meninggal pada usia ke-83.

Pada hari Kamis (12/9), Habibie dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Presiden Jokowi bertindak selaku inspektur upacara pemakaman.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com