Gerindra Berharap Dapat Jatah Kursi Ketua MPR

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 15 Sep 2019 15:20 WIB
Ahmad Muzani buka Rakernas Gekira (Foto: Zunita/detikcom)
Bogor - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani membuka acara Seminar Nasional dan Rakernas Gekira (Gerakan Kristen Indonesia Raya) yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra. Dalam sambutannya, Muzani menyatakan harapan agar Partai Gerindra mendapat kursi Ketua MPR dalam pemerintahan periode 2019-2024.

"Ada 245 jabatan Ketua DPR dan Wakil Ketua DPR, 1 Wakil Ketua DPR, 3 Ketua DPR Provinsi Jabar, Sumbar dan Banten, dan 51 Ketua DPR kabupaten kota, selebihnya Wakil Ketua DPR. Mudah-mudahan ada jabatan 1 Ketua MPR," ujar Muzani dalam sambutannya di Hotel Lor In, Sentul, Bogor, Minggu (15/9/2019).



Muzani mengatakan, secara nasional, Gerindra menjadi partai urutan kedua dalam Pemilu 2019. Sayangnya, kata dia, hasil kursi yang diraih Gerindra kalah dari Partai Golkar. Namun, dia tetap berharap partainya mendapat 1 kursi pimpinan MPR.

"Hasil pemilu kita tambah 2,8 juta yaitu 5 kursi bertambah. 2,8 juta kita bertambah secara nasional kita pemenang nomor dua setelah PDIP, Gerindra, tapi hasil kursi kita kalah sama Golkar selisih 5. Ada 78 (anggota) DPR RI dari Gerindra itu sangat penting," kata Muzani.



Lebih lanjut, Muzani mengatakan hingga saat ini Gerindra belum menentukan arah politiknya untuk bergabung ke pemerintahan atau tidak. Seandainya bergabung, dia pun berharap pihaknya bisa duduk di kementerian yang ada.

"Apakah kita harus gabung ke pemerintahan atau tidak? Kalau bergabung mudah-mudahan Ketua Gekira (Fary Djemy Francis) bisa ikut bersama-sama dengan kementerian yang ada," ujarnya.



Meski begitu, dia mengaku tak masalah jika Gerindra tak bergabung dengan pemerintah. Dia menegaskan walaupun tak bergabung dengan pemerintah, Gerindra, kata Muzani, tetap akan memikirkan kepentingan rakyat.

"Tapi kalau nggak bergabung kita harus berbuat untuk bangsa dan negara. Saudara yang terpilih jadi Anggota DPR dan MPR RI laksanakan jabatan itu dengan baik, laksanakan amanah itu dengan benar sehingga tidak buat pendukung saudara kecewa. Kita akan bebenah lagi untuk persiapan 2024, dan kita akan mulai start ini setelah pemerintahan baru terbentuk. Saya yakin dan percaya, 2024 Gerindra akan jadi pemenang pemilu," pungkas Muzani. (zap/mae)