detikNews
Minggu 15 September 2019, 14:03 WIB

Ilham Habibie Tak Persoalkan Peziarah Selfie di Makam Ayahnya

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Ilham Habibie Tak Persoalkan Peziarah Selfie di Makam Ayahnya Makam BJ Habibie (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pusara Presiden RI ke-3, BJ Habibie, sempat ramai dikunjungi masyarakat yang berziarah sambil ber-selfie. Putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, tidak keberatan dengan hal tersebut.

"Kalau buat saya pribadi tidak masalah selain di depan mayat bapak," kata Ilham Akbar Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).


Ilham mengatakan hanya melarang masyarakat yang berfoto atau ber-selfie di depan jenazah BJ Habibie. Jadi dia tidak menjadikan masalah ketika ada masyarakat yang berfoto selfie di makam ayah tercintanya.

"Itu yang memang kita larang waktu itu karena memang kurang afdol ya, kita buat selfie dengan latar mayat bapak. Tapi kalo di pemakaman saya kira enggak masalah," sambungnya.

Ilham dan Xanana Gusmao Ziarah ke Makam Habibie / Ilham dan Xanana Gusmao Berziarah ke Makam Habibie. (Grandyos Zafna/detikcom)



Hal tersebut disampaikan Ilham ketika berziarah ke pusara BJ Habibie di TMPNU Kalibata, Jakarta Selatan, pagi tadi. Di sana dia juga bertemu dengan Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao yang juga berziarah ke makam Presiden RI ke-3 tersebut.


Sebelumnya, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita sudah mendapat laporan adanya warga yang berswafoto atau selfie di makam Presiden ke-3 BJ Habibie. Sejak saat itu, petugas sekuriti dikerahkan untuk menjaga peziarah agar tidak sekedar selfie di makam BJ Habibie.

"Kemarin ramai di medsos yang mencela pengunjung yang hanya ber-selfie di nisan Pak Habibie, juga banyak peziarah yang hanya memeluk nisan Bapak Habibie dan sambil selfie-selfie. Sejak itu kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga peziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk ber-selfie-selfie dengan nisan," kata Agus kepada detikcom, Minggu (15/9/2019). Adapun Kemensos merupakan kementerian yang mengelola TMP Kalibata, Jaksel.


BJ Habibie meninggal pada Rabu (11/9), pukul 18.05 WIB, di RSPAD Gatot Soebroto. BJ Habibie meninggal pada usia ke-83.

Pada hari Kamis (12/9), Habibie dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Presiden Jokowi bertindak selaku inspektur upacara pemakaman.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com