detikNews
Minggu 15 September 2019, 13:37 WIB

Sekuriti TMPNU Kalibata Imbau Tak Selfie di Makam: Itu Kurang Etis

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Sekuriti TMPNU Kalibata Imbau Tak Selfie di Makam: Itu Kurang Etis Makam BJ Habibie (Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta - Makam Presiden RI ke-3 BJ Habibie sempat ramai jadi sasaran selfie oleh para peziarah. Kini ada imbauan baru agar para peziarah tidak selfie-selfie.

Pantauan detikcom di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, para peziarah yang akan memasuki kawasan TMPNU ini diminta untuk meninggalkan tanda pengenal yang dititipkan ke sekuriti yang berjaga di pintu masuk makam. Sebelum mempersilakan masuk, sekuriti ini mengimbau kepada para peziarah untuk tidak melakukan selfie di makam.

"Di dalam hanya untuk berdoa, fotonya juga buat kenang-kenangan. Tetap nggak boleh (foto bergaya) selfie-selfie," imbau salah satu sekuriti di depan pintu masuk TMPNU Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).


Ditemui di lokasi, Koordinator Sekuriti TMPNU Kalibata Iswani mengatakan para peziarah memang diimbau untuk tidak ber-selfie di makam, khususnya dengan gaya yang berlebihan. Menurutnya, taman makam pahlawan bukanlah untuk foto dengan gaya-gaya yang berlebihan.

"Memang ini kan Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata jadi sebatas pengunjung hanya untuk berdoa dan foto bersama. Ada di tayangan (media) itu ada foto-foto selfie-nya, itu yang nggak boleh, bergaya. Sedangkan itu kan di taman makam pahlawan, tapi kok justru malah dibuat bergaya, foto-foto bergaya," kata Iswani di TMPNU Kalibata.



Hal tersebut, menurut Iswani, berkaitan dengan keetisan ketika seseorang berziarah. Tetapi, kata Iswani, jika berdoa dan berfoto sewajarnya itu diperkenankan.

"Itu kan kurang etis, kurang bagus dilihatnya. Itu aja yang kita imbau dari pimpinan juga mengimbau seperti itu. Silakan mengambil foto, silakan berdoa sebatas untuk yang sewajarnya saja," sambungnya.


Dia menjelaskan, imbauan peziarah untuk tidak selfie di makam merupakan arahan langsung dari Kementerian Sosial RI. Dia juga menyinggung mengenai kepantasan ber-selfie di depan makam.

"Tadi ada TU-nya, bagian tata usahanya, bagian pengawasannya, barusan pagi ke rumah, 'Pak Is, imbauan dari pejabat, dari kementerian itu kalau bisa untuk pengambilan fotonya yang selfie-selfie tolong ditegaskan ini taman makam pahlawan itu nggak pantas untuk pengambilan gambar begitu'," jelasnya.

Imbauan ini baru diterapkan mulai hari ini, kata Iswani. Dia berharap masyarakat yang datang berziarah bisa memaklumi dan memahami aturan yang berlaku di TMPNU ini secara bijak.

"Mudah-mudahan warga pun mengerti dan memahami dengan adanya peraturan yang ada ini di TMPNU Kalibata. Apa pun yang kita perintahkan dari pimpinan itulah yang akan kita laksanakan," tutupnya.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com