Pesawat Hercules Disiapkan untuk Hujan Buatan di Riau

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 15 Sep 2019 12:46 WIB
Ilustrasi pembuatan hujan buatan. (Dok. BPPT)
Jakarta - Masih ada 27 titik api di Riau. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan helikopter dan pesawat sudah disiapkan untuk memadamkan api.

"Pesawat yang disiagakan untuk operasi pemadaman udara pada hari ini, enam helikopter untuk water bombing dan dua pesawat untuk teknologi modifikasi cuaca (Cassa 212-200 kapasitas 1 ton dan CN 295 kapasitas 2,4 ton) dan tiga helikopter untuk patroli udara," kata Plt Kapusdatinmas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis, Minggu (15/9/2019).


Selain itu, Agus menjelaskan bahwa akan didatangkan pula pesawat tambahan berupa pesawat Hercules. Pesawat ini akan digunakan untuk operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"Sedang disiapkan tambahan pesawat Hercules dengan kapasitas 5 ton untuk operasi TMC yang direncanakan tiba Senin besok. Penambahan pesawat TMC ini karena prediksi BMKG akan ada pertumbuhan awan potensial dibuat hujan buat dalam beberapa hari ke depan," tutur Agus.




Dia juga mengatakan, siang ini, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BNPB, Dirjen Gakkum KLHK, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Gubernur Riau, dan media akan meninjau lokasi pemadaman di Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan. Tujuannya adalah memastikan operasi pemadaman berlangsung dengan baik.

Sebelumnya, BNPB menyebut 27 titik masih masih terdeteksi di Riau. Akibatnya, kualitas udara berdasarkan pengukuran PM 10 pada pukul 07.00 sampai dengan 10.00 WIB berada pada kisaran 182-201 ugram/m3 alias kategori tidak sehat. (rdp/imk)